Polinela cetak SDM Pertanian Berkompeten

 

 

 

Polinela - 03/01/18 - Sebagian Besar masyarakat Lampung sejak dulu bermata pencarian petani. hal ini membuat Provinsi Lampung akhirnya dikenal sebagai Bumi Pertanian. namun, salah satu penyebab lambanya pembangunan pertanian di Lampung yang harus diantisipasi yakni sumber daya manusia (SDM) pertanian yang berkompeten. 

Untuk dapat membangun SDM berkompeten diantaranya dengan membangun karakter petani secara berkelanjutan, berdasarkan kondisi ini, Politeknik Negeri Lampung mengirim sejumlah mahasiswa semester IV, Penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) Lampung untuk terjun langsung ke lapangan. Kegiatan yang berpusat di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Metro lestari, Kota Metro pada 29 - 30 Desember 2017 lalu. "ditempat ini, mahasiswa belajar langsung tentang pengolahan kelompok tani, limbah pertanian atau sampah perkotaan dan limbah peternakan untuk dijadikan pupuk organik bernilai tambah" terang Kepala Unit Informasi dan Humas Polinela Ir. Teguh Budi Trisnanto, M.Si.

Dia melanjutkan, dengan model pembinaan tersebut diharapkan keinginan Gubernur Lampung terkait sumber daya pertanian di lampung, semakin meningkat dapat terjawab. selain itu keberlanjutan pembangunan pertanian di Lampung dapat terjaga karena tersedianya Sumber Daya atau generasinya penerus pertanian yang kompeten.

lebih lanjut dijelaskan, gubernur Lampung M. ridho Ficardo, S.Pi.,M.Si, DPW Perhiptani Lampung dan Polinela menjalin kerja sama untuk memberikan beasiswa bagi anak petani, nelayan dan putra putri penyuluh untuk menempuh pendidika Diploma (D3) di Polinela. "kompetensi yang diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa pemda adalah kopetensi bidang pertanian dan kopetensi pendukung berupa penguasaan bahasa inggris, komputer kewirausahaan dan penyuluhan tani", katanya.

guna menajamkan koptensi tersebut, lanjutnya selain belajar di kampus, mahasiswa juga diminta terjun langsung ke lapangan, bersama kelompok tani dan pelaku industri.

 

 

Sumber : Ega | Radar Lampung | Agus | Humas Polinela

 

 

 



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung