Lokakarya Perancangan Prototipe Peralatan Dalam Rangka Pendampingan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK)

Polinela. 28/01/2014, bertempat di ruang Mawar  Kampus Politeknik Negeri Lampung (POLINELA), dilaksanakan kegiatan "Lokakarya Perancangan Prototipe Peralatan dalam Rangka Pendampingan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK)". Dalam acara tersebut juga dilaksanakan  penandatanganan  MoU/Kerjasama Pendampingan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) dan Penyerahan Perancangan Prototipe Peralatan Untuk Siswa Berkebutuhan khusus oleh Direktur Polinela Ir. Joko S.S. Hartono, M.T.A,  kepada Kepala Sekolah SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi (DBDP) Tukiman, S.Pd.

Penyerahan rancangan prototif peralatan penunjang proses pembelajaran

Ir. Joko S.S. Hartono, M.T.A,  selaku Direktur Politeknik Negeri Lampung, memaparkan alasan nya mengapa  SLB DBDP dipilih untuk mengadakan kerjasama pada kegiatan pendampingan tersebut,  menurut beliau, “karena SLB ini lebih menonjol dibandingkan dengan SLB yang lain”, ungkapnya sambil  didampingi Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Polinela Ir. Beny Hidayat, M.Si.

Rancangan prototif peralatan penunjang proses pembelajaran produktif yang diserahkan pihak Polinela kepada SLB DBDP antara lain mencakup :

  1. Paket peralatan pembuatan sandal jepit 
  2. Meja kerja pembuatan batik cap
  3. Alat pemanas malam (lilin untuk membatik) elektrik

Dengan adanya penandatanganan  MoU antara Polinela dengan SLB DBDP , diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi para siswa/I SLB DBDP, dan dapat bermanfaat sebagai alat bantu bagi siswa berkebutuhan khusus agar dapat lebih  mandiri dalam mela ksanakan aktifitas kegiatan sehari-hari yang bersifat produktif.

Tentang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK)

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 32 menggariskan bahwa "Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Hal tersebut juga tertuang didalam Pembukaan UUD 1945, bahwa setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu. Atas dasar  ini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Tingkat Menengah, merencanakan kegiatan pendampingan PK-LK oleh Perguruan Tinggi.



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung