KBSM I Mahasiswa PS.TSL

Bandar Lampung (14-16/11). Program Studi (PS) Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan (TSL) mengadakan Kemah Bakti Sosial Masyarakat (KBSM) di Desa Gayau Kecamatan Padang Cermin  Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 3 malam ini merupakan kegiatan KBSM pertama PS TSL. Kegiatan tersebut, tentu saja  disambut baik oleh masyarakat Desa Gayau karena bermanfaat bagi masyarakat.  KBSM  kali ini mempunyai 2 agenda kegiatan antara lain :
1.     Pengabdian masyarakat dosen Polinela
2.     Kerjasama antara Dinas Kehutanan dan Polinela
Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB (15/11) dengan mengambil tempat di TK Bintang Kejora Desa Gayau, dibuka oleh  Kepala Desa Gayau dan kemudian  dilanjutkan oleh Ketua PS TSL.
Kerjasama antara Dinas Kehutanan dan Polinela, direalisasikan dengan penanaman  bibit  pohon sejumlah 5000 bibit dan pemetaan lahan, Penanaman  pohon secara simbolis pertama dilakukan oleh Dandim Lampung Selatan, disusul kemudian oleh Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL) Pesawaran, Camat Padang Cermin, Kepala Desa, Dan Polinela.
Pengabdian masyarakat, juga dilakukan dengan pemberian materi oleh  2 orang pemateri yang berasal dari kalangan dosen Polinela, yaitu, Kelik Istanto, dan Didik Kuswandi, masing-masing memberikan pelatihan GPS dan Konservasi Lahan dengan Teknik Rorak/Parit Buntu,
Udin (41) warga setempat yang mengikuti pelatihan tersebut, sangat antusias mengikuti acara tersebut.  Berikut kutipan wawancaranya, “saya sangat tertarik dengan pembuatan peta dengan GPS walaupun saya baru ini memegang GPS saya sudah sedikit mengerti dengan penggunaan GPS”,  ujarnya.
Untuk alokasi penanaman  bibit pohon, menurut panitia pelaksana, 1000 bibit pohon ditanam seluruh mahasiswa TSL di sekitar pinggiran jalan desa dan pemetaan lahan masyarakat,  sisanya sejumlah  4000 bibit ditanam  masyarakat setempat diwilayah garapan  masing-masing. Untuk kegiatan penanaman dan pemetaan dilaksanakan secara serentak,  karena membutuhkan waktu lama  untuk memetakan lahan. Tidak kurang dari 1 hari, mahasiswa baru selesai melakukan pemetaan lahan
Di sela-sela kegiatan penanaman bibit pohon, jajaran Direksi ikut turun meninjau pelaksanaaan kegiatan di lapangan.  Perhatian ini, yang menjadi support tersendiri, bagi mahasiswa. Dalam wawancara singkatnya, Dosen TSL sekaligus pemateri dalam KBSM mengatakan  “kegiatan ini secara umum sudah sangat baik, hanya masih terdapat beberapa  sedikit kekurangan, diataranya koordinasi dalam susunan acara, serta saya  berharap perlu terus dilakukan pemantauan didesa setempat agar kita dapat melihat progress  masyarakat baik dalam perkembangan lahan maupun kegiatan masyarakat”.  Direktur Polinela , Ir.  Joko S.S Hartono, M.T.A,  sangat mendukung acara KBSM ini bahkan menurutnya kegiatan ini sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh PS TSL saja, namun PS lain yang ada di Politeknik dapat bergabung dan menyatukan fikiran dalam kegiatan KBSM.



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung