Workshop Penyusunan Dokumen Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Bandar Lampung. Selasa (25/06/2014). Program PEDP Politeknik Negeri Lampung melaksanakan kegiatan workshop Penyusunan Dokumen Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dilaksanakan di ruang sidang dengan menghadirkan tenaga ahli dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai pemateri.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pembantu Direktur I bidang Akademik Bapak. Ir. Yatim R Widodo, M.Sc. Diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari seluruh ketua program studi, ketua jurusan, kepala UPT dan perwakilan dosen undangan.

Menurut Ir. Winarto, M.Sc. selaku ketua penyelenggaran, kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 24 Juni s.d. 3 Juli 2014. tujuan umum kegiatan ini adalah mempersiapkan Politeknik Negeri Lampung agar mampu menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dibawah naungan BNSP. Tujuan khususnya adalah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk mempersiapkan lulusan (alumni) Politeknik Negeri Lampung berkualitas dan tersertifikasi secara nasional, agar mampu bersaing, diakui didunia kerja diera globalisasi yang akan datang.

Menurut beliau, sebagai informasi, BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Pembentukan BNSP merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas. Berbeda dengan paradigma lama yang berjalan selama ini, sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradigma baru terdapat dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu : pertama, penyiapan tenaga kerja didasarkan atas kebutuhan pengguna (demand driven); dan kedua, proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi (Competency Based Training / CBT). Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradigma baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, Ketua Umum Kadin Indonesia.



State Polytechnic of Lampung

State Polytechnic of Lampung / Politeknik Negeri Lampung / PolinelaLampung