Kegiatan

Lokakarya Kurikulum D4 Program Studi Pengelolaan Perhotelan Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Senin (07/03/2022). Program Studi D4 Pengelolaan Perhotelan Politeknik Negeri Lampung mengadakan Lokakarya Kurikulum, yang melibatkan beberapa lembaga antara lain Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Dinas Pariwista Provinsi Lampung, Association of Hospitality Leader Indonesia (AHLI), Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA), Indonesia Chef Association (ICA), General Manager Swissbell Hotel Lampung, Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan juga Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Provinsi Lampung. Kegiatan ini berlangsung di RuangSidang Polinela pada tanggal 24 – 25 Februari dan 1 Maret 2022 dan dilakukan secara hybrid. Program Studi Pengelolaan Perhotelan adalah Program Studi yang mempelajari mengenai penerapan dan pengembangan pengetahuan ditambah juga ketrampilan ilmu perhotelan khususnya  dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi.

Tujuan dilaksanakannya Lokakarya ini sebagai persiapan bagi Program Studi Pengelolaan Perhotelan sebagai program studi yang baru saja diterbitkan berdasarkan SK Menteri Kemdikbudristek Tentang izin pembukaan Program Studi Pengelolaan Perhotelan pada Desember tahun 2021, yang merupakan syarat administrasi sebelum menerima mahasiswa pada tahun ajaran 2022/2023. Adapun dasar dibukanya Program Studi baru ini adalah untuk memenuhi persiapan Sumber Daya Manusia ditengah pertumbuhan hotel di Provinsi Lampung khususnya di Kota Bandar Lampung. Perlu di ketahui bahwa Program Studi Pengelolaan Perhotelan di Polinela merupakan Program Studi pertama untuk bidang perhotelan di Provinsi Lampung dibawah Kemendikbudristek.

Direktur Politeknik Negeri Lampung Dr. Sarono M.Si menyampaikan selamat atas izin dibukanya Program Studi D4 Pengelolaan Perhotelan. Diharapkan dengan adanya program studi ini akan memberikan kontribusi positif terhadap SDM di serktor perhotelan di Indonesia terkhusus di Provinsi Lampung.

Sambutan Dari Direktur Polinela Dr. Sarono M.Si

Dalam kegiatan lokakarya ini terdapat beberapa materi yang disampaikan terkait dengan perkembangan serta kebutuhan industry terhadap SDM Pariwisata dan perhotelan. Materi pertama oleh Kadis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Dr. Edarwan M.Si., dengan tema “Kebijakan SDM dan Peluang Paiwisata Lampung” dilanjutkan dengan materi dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M dengan tema “SMK Perhotelan se-Provinsi Lampung” dan materi dari ketua DPP Association of Hospitality Leader Indonesia (AHLI) I Ketut Swabawa, CHA dengan tema “Key Performance Indicator of Hotel Management (Perspektif pentingnya peranan SDM Perhotelan) dan yang terakhir Materi dari bapak Pudin Saepudin, S.ST.Par., MP.Par dengan Topik “Kurikulum Review D4 Administrasi Perhotelan Poltekpar NHI Bandung” dan dilanjutkan dengan diskusi panel bersama ketua DPD IHGMA Provinsi Lampung Bapak Lekat Rahman, dan GM Swissbell Hotel Bandar Lampung bapak Fauzi Firdaus terkait “Keterampilan SDM yang diperlukan di Industri Perhotelan”.

Foto Bersama Dengan Kadis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Dr. Edarwan M.Si. dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M

Dengan di presentasikannya draft kurikulum Program Studi Pengelolaan Perhotelan pada kegiatan ini, diharapkan mendapat saran dan masukan yang bersifat membangun agar selaras dengan DUDIKA (Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja). Kegiatan ini selesai pada tanggal 1 Maret 2022. Pada hari terakhir diadakan rapat internal dengan para Dosen dan Ketua Program Studi Pengelolaan perhotelan, yang mana pada rapat tersebut bertujuan mengakomodir saran dan masukan dari para narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.