Berita Kegiatan

PINTAR Siap Salurkan Produk Ayam Potong Teaching Factory Polibronik, RPA Polinela Produksi Ayam ASUH

POLINELA, Kamis (20/10/2022). Politeknik Negeri Lampung (Polinela) bekerjasama dengan Perhimpunan Industri Peternakan Ayam Ras (Pintar) . Perjanjian kerjasama sama tersebut, telah ditanda tangani pada 31 Agustus 2022. PINTAR merupakan asosiasi yang bergerak dibidang usaha/bisnis peternakan ayam. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut,  Direktur Politeknik Negeri Lampung, Dr. Ir. Sarono, M.Si dan Ketua Umum Pintar, Ir. Agus Wahyudi, melaksanakan MoU terkait dengan pemanfaatan Rumah Potong Ayam (RPA) yang dikelola oleh Teaching Factory Polibronik Program Studi D3 Produksi Ternak Polinela, pada Jum’at 14 Oktober 2022.

PINTAR merupakan asosiasi yang bergerak dibidang usaha/bisnis peternakan ayam.

Dengan  kerjasama ini, diharapkan PINTAR sebagai assosiasi yang bergerak dibidang peternakan, dapat  memberikan pembelajaran pengelolaan pemotongan ayam secara higienis melalui rantai dingin sehingga menghasilkan produk ayam ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Rantai dingin merupakan sebuah sistem yang dilakukan untuk mempertahankan suhu dingin produk unggas, baik karkas maupun produk olahan mulai dari produksi, penyimpanan, distribusi hingga ke tangan konsumen. Dalam proses hilirisaisi perunggasan, rantai dingin ini memegang peran penting dalam menjaga kualitas dan memperpanjang masa simpan produk. Hal ini berhubungan dengan sifat mudah rusak (perishable) yang dimiliki produk unggas.

memberikan pembelajaran pengelolaan pemotongan ayam secara higienis melalui rantai dingin sehingga menghasilkan produk ayam ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Kerjasama juga meliputi aspek pengelolaan ayam di Teaching Factory Polibronik Program Studi D3 Produksi Ternak Polinela, dan penyaluran  ayam pedaging yang  diproses pemotongannya di RPA Polinela, disalurkan melalui PINTAR.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *