Launching Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021
Berita

Launching Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021

Polinela, Senin (11/01/2021). Hari Ini, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Se-Indonesia Resmi Dibuka (Jakarta,11 Januari 2021). 44 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dalam Peresmian SNMPN 2021 secara daring via zoom dan live youtube (https://www.youtube.com/watch?v=bWdZtHPvD9I).

Launching SNMPN 2021 dihadiri oleh 44 Direktur Politeknik se-Indinesia dan Kepala Sekolah SMK se-Indonesia. Hadir sebagai narasumber, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto S.T., M.Sc., Ph.D., Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Dr. Zainal Arief, ST, MT,.

Jalur seleksi ini merupakan salah satu jalur yang dari tahun ke tahun makin meningkat pesertanya dan diminati oleh siswa SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta. Meski awalnya jalur ini dikenal dengan sebutan PMDK-PN (sejak 2014 lalu, red), sejak tahun 2020 FDPNI mengganti istilahnya menjadi SNMPN. “Pertahun ini SNMPN khusus untuk jenjang Diploma 3 (D3), untuk jenjang Diploma 4/Sarjana Terapan ikut SNMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 04 januari – 24 Februari 2020. Mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti tahun lalu, pendaftaran on-line dan seleksi Portofolio” terang Zainal Arief.

Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. “Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut,” terang Beny Bandanadjaja.

Pendaftaran calon peserta/ siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya sepeser pun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/ siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik yang relatif baik sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Info lebih lanjut bisa diakses melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah. Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 11 Januari 2021 sampai 12 maret 2021 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini.

Penutupan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto
Penutupan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto

Terdapat ratusan program studi yang tersebar pada 44 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini. “Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi telah terbuka lebar. Dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Jangan hanya mengandalkan jalur seleksi PTN Akademisi saja dan jangan asal ikut seleksi PTN Vokasi atau SNMPN ini. Memilih vokasi harus kerena passion. Ketahui visi kedepan mau apa, ketahuai karakter diri, jika ada analitikal, hand and praktical tinggi maka vokasi jadi tujuan, fahami 5-10 tahun kedapan ingin kerja dibidang apa. Pendidikan vokasi hardskills, softskills, dan karakter sama-sama kuat. Semoga tahun ini kita dapat input yang cocok, karena vokasi kuat menguatkan Indonesia. pesan Wikan Sakarinto menutup acara.

Informasi selengkapnya mengenai SNMPN silahkan diunduh melalui https://snmpn.politeknik.or.id
Pusat Bantuan SNMPN 2020:
Call center: 0804-1-567-567

Humas Polinela: 0812-7893-3860

Ikuti juga di sosial media:
1. Instagram : @PoliteknikAhlinya
2. Twitter : @PoltekAhlinya
3. Facebook : PoliteknikAhlinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *