Berita Kegiatan

Tingkatkan Minat dan Bakat Berwirausaha, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Gelar Bazar Mahasiswa

POLINELA, Kamis (29/12/2022). Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan Bazar Kewirausahaan yang bertempat di  Gedung Serba Guna Polinela, pada Rabu 28 Desember 2022. Bazar ini merupakan kegiatan perdana yang dihelatkan oleh Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan. Diisi oleh hasil praktikum mata kuliah kewirausahaan program studi D4 Produksi dan Manajemen Industri dan hasil proyek mandiri program studi D3 Produksi Tanaman Perkebunan.

Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Negeri Lampung mengadakan Bazar Kewirausahaan

Kegiatan ini merupakan implementasi ilmu yang di peroleh pada mata kuliah kewirausahaan dan proyek usaha mandiri. Terdapat 10 stan mahasiswa kewirausahaan, terdiri dari 5 stan proyek usaha mandiri, 1 stan program studi Pengelolaan Perkebunan Kopi, 1 stan Himpunan Mahasiswa Jurusan Perkebunan, 1 stan alumni Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, 1 stan dosen, dan 1 stan mata kuliah pengolahan hasil tanaman perkebunan. Produk pengolahan hasil tanaman perkebunan praktikum mahasiswa diantaranya biodiesel, bioetanol, crude palm oil (CPO), minyak atsiri, sarung tangan, lateks pekat, aromaterapi, dan nata de coco, Selain itu juga dijual virgin coconut oil (VCO), kopi jahe, wine nanas, wine cofee, selai kopi, permen pala, pupuk organik cair, kompos, trichoderma, asap cair, pupuk zat pengatur tumbuh (ZPT), sirup pala, keripik kelapa, es krim tebu, gula semut, dan jajanan dari mahasiswa serta dosen.

Dalam sambutannya Dr. Ir. Sarono, M.Si menyampaikan “berwirausaha adalah pekerjaan yang mulia karena dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan karena menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Bisnis harus dimulai bukan hanya di dalam pikiran. Modal utama berbisnis itu keberanian, mampu membaca peluang, tidak putus asa dan punya ide untuk diterapkan” ungkapnya.

Dr. Ir. Sarono, M.Si menyampaikan “berwirausaha adalah pekerjaan yang mulia karena dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan bazar ini bisa memotivasi mahasiswa untuk menumbuhkan  kreativitas dan inovasi serta jiwa kewirausahaan dengan menciptakan barang yang memiliki nilai jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *