Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Mengadakan MoU dan Bimtek Inklusi Sosial Budikdamber dan Budidaya Jamur Tiram Bekerjasama Dengan UPT Perpustakaan Polinela
Berita Kegiatan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Mengadakan MoU dan Bimtek Inklusi Sosial Budikdamber dan Budidaya Jamur Tiram Bekerjasama Dengan UPT Perpustakaan Polinela

Polinela, Rabu (25/11/2020). Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung (Disperpusarsip) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) bertempat di ruang Sidang Utama Polinela. Kesepakatan kerjasama yang tertuang dalam naskah Nota Kesepahaman adalah kerjasama untuk penguatan dan dukungan Disperpusarsip Provinsi Lampung Kepada Polinela (24/11/2020).

Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si, sedangkan dari pihak Disperpusarsip Provinsi Lampung oleh Kepala Dinas (Kadisperpusarsip), Ir.Ferynia. Turut hadir dalam kegaitan  tersebut Pembantu Direktur II, Ir. Ferziana, M.P., Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan, Dr. Ir. Suraya Kaffi Syahfura, M.T.A., Kepala Unit Kerjasama, Ir. Zainal Mutaqin, M.Si., Para Undangan, dan Peserta Bimbinagn Teknis (Bimtek) Budidaya Jamur dan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber).

Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Provinsi Lampung, Sobriadi, SH., M.Si., melaporkan peserta Bimtek terdiri dari perwakilan Pemuda, Perempuan, dan Mahasiswa sebanyak 30 orang.

Dalam sambutanya, Direktur mengucapkan terimkasih kepada Disperpusarsip yang telah memberi kepercayaan ke Polinela untuk saling menguatkan dalam bidang perpustakaan dan kearsipan, khususnya aplikasi peran perpustakaan sebagai inklusi sosial kemasyarakatan. Beliau juga mengajak para peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan semangat untuk pengaplikasiannya di masyarakat. “Hasil Bimtek ini silahkan di coba 2 sampai 3 kali di rumah, setelah itu baru kembangkan untuk bisnis. Polinela siap menjadi mitra untuk membimbing bapak ibu dalam pengembangannya”.

Ir.Ferynia, dalam sambutanya sekaligus membuka acara tersebut mengucapkan terimakasih dan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para narasumber yang sekaligus dosen Polinela yang telah bersedia memberi materi dalam Bimtek program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial tahun 2020. Beliau juga berharap para peserta bisa menjadi pebisnis handal dalam meningktakan perekonomian keluarga. “kepada para peserta saya ucapkan selamat mengikuti Bimtek, semoga bisa menyerap ilmu dengan baik serta bisa diterapkan untuk meningkatkan income bagi ketahanan ekonomi keluarga”

Penandatangan MoU dan Bimtek ini dalam rangka menjalankan program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial tahun 2020, bertujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan kemampuan literasi yang meningkatkan  kreativitas,  dan mensejahterkan masyarakat serta mendorong kesempatan untuk menciptakan inovasi, kreatifitas yang positif dan prodktif untuk kesejahteraan sehingga perpustakaan diharapkan menjadi lembaga creatif centre bagi masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan Bimtek bersama Narasumber di ruang yang telah disiapkan. Juli Nursandi, S.Pdi., M.Si., menjadi narasumber untuk Bimtek Budikdamber. Ir. Erie Maulana, Sy. M.T.A., menjadi narasumber Budidaya jamur dan Tiram. Bimtek dilakukan selama dua hari tanggal 24 sampai 25 November 2020. Humas*.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *