Berita Kegiatan

Studium General dan Penandatangan MoU Dengan PT. Buma Cima Nusantara

Polinela, Senin (25/07/2022). Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan melaksanakan Kegiatan Studium Generale sekaligus Penandatangan MoU dengan PT. Buma Cima Nusantara pada hari Sabtu 21 Juli 2022 bertempat di Gedung Serba Guna Politeknik Negeri Lampung.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana kegiatan, Dimas Prakoswo Widyani, S.P., M.P. menyampaikan “saya ucapkan terima kasih kepada para hadirin telah meluangkan waktu untuk bisa hadir di kegiatan pada hari ini, tujuan dari diadakannya kegiatan ini untuk menjalin hubungan antara Politeknik Negeri Lampung dengan PT Buma Cima Nusantara yang selama ini sudah berjalan terus khususnya dengan Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan yang setiap tahunnya memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapang di PT Buma Cima Nusantara, dan pada hari ini kita berinisiatif  untuk melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU sehingga kerjasama bisa dinilai resmi, berikutnya untuk kedepannya kita memiliki Program Studi Sarjana Terapan yang bisa melaksanakan penelitian dan kita bisa berkolaborasi antar lembaga untuk melakukan riset yang berkaitan dengan tanaman tebu maupun pasca panen tebu”.

Laporan Dari Ketua Pelaksana Dimas Prakoswo Widyani, S.P., M.P.

Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Direktur Polinela, Dr. Ir. Sarono, M.Si., beliau menyampaikan “pendidikan tinggi Politeknik mitra kerjanya adalah dunia industri bahkan jika tidak didukung oleh dunia kerja dan dunia industri maka sesungguhnya politkenik tidak ada, maka pada hari ini kita kedatangan tamu yang akan menyampaikan tentang prospek mengenai hal hal yang akan dialami didunia industri, apalagi seperti kita ketahui bahwa kita sudah lama menjalin hubungan dengan PT Buma Cima Nusantara. Kita sudah menjalin hubungan dan hari ini lah kita resmikan, hari ini kita akan melaksanakan MoU dan mudah mudahan kerjasama yang kita hasilkan bisa memberikan dampak yang baik bagi mahasiswa Politeknik Negeri Lampung khususnya. Sesungguhnya industri itu menginginkan orang yang mau bekerja keras dan memiliki komitmen dan memiliki jiwa untuk maju. Pada hari ini kita akan mendapatkan materi yang disampaikan oleh pihak dari PT Buma Cima Nusantara tentang industri gula yang merupakan kebutuhan pokok di Indonesia dan sampai sekarang Industri gula masih belum cukup, artinya prospek kerja dan berkarir di industri tebu masih sangat dibutuhkan”.

Sambutan Oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatangan MoU dengan PT. Buma Cima Nusantara, Perlu diketahui PT. Buma Cima Nusantara adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembudidayaan komoditas tebu dan pengolahan gula. Ruang lingkup dalam kerjasama ini, meliputi peningkatan kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan; peningkatan  kerjasama pada kegiatan  penelitian; peningkatan kerjasama pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM); peningkatan kerjasama di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM); program pemagangan dosen di unit kerja ;program Praktik Kerja Lapang (PKL) mahasiswa ; program rekrutmen tenaga kerja bagi alumni apabila diperlukan dan memenuhi syarat;Peningkatan kerjasama di bidang penggunaan kepakaran; peningkatan kerjasama di bidang lainnya yang disepakati, sesuai dengan kebutuhan.

Penandatanganan MoU dengan PT. Buma Cima Nusantara

Kemudian kegiatan dilanjutan dengan Studium General dengan narasumber Putu Sukarmen, S.P., M.M. yang saat ini menjabat sebagai Direktur PT. Buma Cima Nusantara dengan materi yang bertema “Implementasi Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) Menciptakan Lulusan Yang Berjiwa Entrepreneurship”, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dikhususkan untuk mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan yang akan menyelesaikan masa studi. Dalam materinya beliau menyampaikan tentang hal hal apa saja yang harus disiapkan oleh mahasiswa setelah lulus dan akan memamasuki dunia kerja dan dunia industri khususnya dibidang perkebunan tebu.

Pemaparan Materi Oleh Putu Sukarmen, S.P., M.M.

Leave a Reply

Your email address will not be published.