Webinar Sosialisasi Program S2 Terapan Polinela
Kegiatan

Sosialisasi Program S2 Terapan di Polinela Melalui Webinar

Polinela, Minggu (30/05/2020). Polinela resmi membuka dan mensosialisasikan Program Pascasarjana (S2) Terapan melalui teleconference via aplikasi Cloudx (jumat, 29 Mei 2020).

Peresmian dan Sosialisasi S2 Terapan atau Magister dilakukan langsung oleh Sarono, Direktur Polinela. Turut hadir dalam video conference tersebut Pembantu direktur I, Pembantu Direktur II, Pembantu Direktur III, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen, Alumni, Mahasiswa, Tamu Undangan, dan Umum.

Polinela membuka S2 Terapan atau Magister Terapan untuk Prodi  Ketahanan Pangan.  Program Magister Terapan Ketahanan Pangan (MTKP) ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 145/M/2020 tanggal 14 Februari 2020, dimana dalam keputusan disebutkan bahwa program studi dimaksud dinyatakan memenuhi persyaratan minimum akreditasi. Mendikbud memberikan penekanan terhadap implementasi model pembelajaran yang berbasis pada Engineered Technology Based problem Solving  (rekayasa Teknologi berbasis permaslahan).

“MTKP ini dibuka dan dijalankan bukan hanya untuk menjadi alternatif bagi level pascasarjana,  mengambil peluang untuk terus memberikan yang terbaik bagi pendidikan, menyiapkan SDM professional yang kompeten sesuai kebutuhan industri dan dunia kerja,  serta menjalankan renstra Polinela, tapi lebih dari itu. program ini merupakan komitmen dan marwah institusi, jadi akan kita dukung dan jalankan sebaik mungkin”, Jelas Sarono.

Lebih lanjut Sarono memaparkan bahwa MTKP ini merupakan Program S2 Terapan pertama di Polinela dan pertama di provinsi Lampung. Sejak tahun 2018 Polinela sudah mengkaji berbagai hal untuk menyiapkan program ini.

Keunggulan

Sebagai lembaga Pendidikan Vokasi,  Sorono menuturkan bahwa Polinela sudah diakui oleh banyak industry. Polinela juga sebagai mitra pemerintah, industry, swasta, dan internasional. Pada periode pengajuan program Pascasarjana ini, Polinela merupan politeknik yang pertama lolos mendapat izin Kemendikbud. Selain itu kapasitas SDM baik Dosen, PLP, dan tekniksi serta fasilitas sudah memadai.

Karakter unggulan S2 terapan menyiapkan aspek teknis, aspek softskill, dan kepemimpinan, kemampuan problem solving akan dibentuk dengan skema project-based learning dan perkuliahan berbasis 70% praktik untuk menguatkan analisis pada problem-problem riil di industi dan dunia kerja.

Ketua Program MTKP, Irmayani noer memaparkan didirikan berdasarkan pada beberapa kondisi ; Pertama, kondisi eksisting dimana kebutuhan pembangunan pangan nasional untuk kelangsungan hidup bangsa sangat mendesak. Kedua, kearifan Lokal potensi pangan di Provinsi Lampung sebagai Bumi Agribisnis dan Agroindustri, Kondisi agroekosistem serta ekonomi-sosial-budaya Lampung menunjang pengembangan agribisnis.

Beliau menjelaskan, jadwal penerimaan mahasiswa baru S2 Terapan untuk tahun Akademik 2020/2021. Jadwal penerimaan dibagi dalam tiga gelombang. Gelombang I 6 April sd 6 Mei 2020, Gelombang II 18 Mei sd 18 Juni 2020, Gelombang III 29 Juni sd 29 Juli 2020. Jadwal lebih rinci bisa dilihat di http://pascasarjana.polinela.ac.id/ atau polinela.ac.id

Metode Seleksi

Lebih lanjut Irma menjelaskan, untuk metode seleksi ada tiga tahap ; Seleksi tahap I:  Pendaftaran, Seleksi tahap II : seleksi Perkas Pendaftar, Seleksi tahap III: Wawancara Calon Mahasiswa. Pendaftarn dilakukuan secara online di laman http://pascasarjana.polinela.ac.id/ atau polinela.ac.id.

Setelah mengisi semua form, calon mahasiswa menyerahkan berkas tersebut kepada panitia melalui pos atau mengirimkan berkas secara online ke sekretariat pascasarjana Polinela melalui email: pascasarjana@polinela.ac.id Pendaftar menunggu panggilan wawancara yang akan dikirimkan melalui email/pesan wa oleh panitia.

Lama Kuliah dan UKT

Penyelenggaraan pendidikan ditempuh selama 2 (dua) tahun dengan sistem pembelajaran SKS paket yang telah tertentu, sehingga kondisional bagi mahasiswa untuk lulus tepat waktu dengan tetap mempertahankan marwah pendidikan tinggi vokasi (70% praktik dan 30% teori). Total SKS 36 (12–24). Besarnya UKT adalah Rp 7.000.000/semester. Polinela member kemudahan UKT dapat diangsur/dibayarkan 2 kali, di awal semester dan pertengahan semester.

Profil Lulusan

MTKP dengan gelar M.TR (Magister Terapan) di desain untuk membentuk Ahli Analisis kebijakan Ketahanan Pangan, Peneliti dan Pendidik bidang ketahanan pangan, serta Manajer bidang ketahanan pangan namun tidak menutup kemungkinan untuk bekerja pada sector lainnya karena dalam kurikulum MTKP disiapkan 4 Aspek Ketahanan Pangan yaitu Aspek Produksi, Aspek Stok dan Distribusi, Aspek Keanekaragaman Pangan, Aspek Keamanan Pangan (food safety).

“khusus bagi karyawan instansi Polinela, disediakan beasiswa berupa bantuan penelitian Tesis, dan bagi yang lainnya bisa ikut penelitian, seleksi hibah, dan mencari beasiswa dari berbagai sumber lainnya yang nanti akan diinfokan oleh admin kami”, ujarnya mengakhiri pertemuan tersebut.