Berita Kegiatan

Training of Trainers oleh Dosen Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Senin (08/08/2022). Menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Politeknik Negeri Lampung dengan pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dan Dewan Perwakilan Wilayah Perhiptani Lampung mengenai Pendidikan, Penelitian, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Pengembangan Potensi Daerah. Politeknik Negeri Lampung mengadakan Kegiatan Training of Trainers Program Kerjasama Polinela, Kab Pesawaran, dan Perhiptani . dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Polinela pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022.

Training of Trainers adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang disiapkan untuk menjadi pelatih atau trainer dan meneruskan materi pelatihan tersebut kepada orang lain. Secara umum, training of trainer adalah sebuah proses transfer pengetahuan dan keterampilan agar kecakapannya bertambah atau menguat. Tujuan pelatihan ToT pada intinya adalah agar organisasi atau perusahaan berkembang. Training of trainer adalah cara memastikan orang-orang dalam organisasi atau perusahaan mengevaluasi kembali pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bekerja, serta meningkatkan kapasitasnya.

Peserta dari kegiatan ini adalah  terdiri dari 22 orang kelompok tani dari Desa Sungai Langka dan Desa Wiyono Kabupaten Pesawaran. Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan Ketua Pelaksana, Dimas Prakoswo Widyani, S.P., M.P. beliau menyampaikan “Saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya kepada semua pihak yang terkait, acara ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama antar Polinela dengan Kabupaten Pesawaran dalam hal ini diwakilkan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Pesawaran, dalam rangka melatih suatu masyarakat yang dididik untuk maju dalam bidang sektor pertanian, sektor yang kita angkat adalah perkebunan kakao, peternakan, umkm, bidang pariwsata dan teknologi informasi, dan terdapat beberapa materi umum yang akan disampaikan oleh dosen Polinela kepada para peserta”.

Penyampaian Laporan Ketua Pelaksana oleh Dimas Prakoswo Widyani, S.P., M.P.

Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pesawaran Fisky Firdaus, S.Hut, beliau menyampaikan “Kami atas nama pemerintah Kabupaten Pesawaran mengucapkan terima kasih kepada Polinela telah terselenggaranya acara ini, semoga dengan kegiatan ini masyarakat kelompok tani Kabupaten Pesawaran khususnya dan semua yang hadir pada umumnya dapat menambah ilmu pengetahuan sehingga nantinya dapat diterapkan di masyarakat “Andan Bumi Jejama” khususnya, untuk meningkatkan komodistas perkebunan, peternakan  dan potensi sumber daya lainnya seperti pariwista untuk meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Pesawaran.”

Sambutan Oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pesawaran Fisky Firdaus, S.Hut

Dalam sambutannya Direktur Polinela Dr. Ir Sarono, M.Si. pada pembukaan acara tersebut, beliau menyampaikan “hari ini kita akan melaksanakan tot, kegiatan ini adalah sebagai moment pendekatan antara Polinela dengan masyarakat di wilayah yang kita tuju terutama Desa Sungai Langka dan Desa Wiyono, masyarakat bisa memberi masukan kepada kita dan sebaliknya, kita belajar bersama sama untuk mengembangkan potensi yang ada”. Dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Direktur Polinela, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pesawaran dan Wakil Ketua I DPW Perhiptani Lampung mewakili Ketua Perhiptani Lampung.

Direktur Polinela Dr. Ir Sarono, M.Si.

Disela sela kegiatan terdapat pengarahan awal oleh Pembantu Direktur III, Agung Adi Candra, S.Kh., M.Si dan dilanjutkan dengan pemberian materi TOT mengenai “Program Kerjasama Polinela, Perhiptani dan Kab Pesawaran. Materi mengenai Komoditas Kakao Oleh Adryade Reshi Gusta, S.P., M.Si., Sri Handayani, S.P., M.E.P. mengenai UMKM dan bisnis, Enggar Dwi Cahyo, S. Par., M. Arch. Mengenai Menuju Kampung Wisata Kakao, dan Materi TOT oleh Oki Arifin, S.Kom., M.Cs. mengenai Digital Marketing Untuk Mendukung Kampung Kakao. Kemudian, setelah peserta berdiskusi dengan pemateri, peserta di beri kesempatan untuk berkunjung ke TEFA Polinela dan kembali ke desa masing masing.

Pemateri Dosen Politeknik Negeri Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.