PT. Agri Makmur Pertiwi Lakukan Kunjungan Dan Panen Melon di SteFa Polinela
Berita Kegiatan

PT. Agri Makmur Pertiwi Tinjau Hasil Kolaborasi Riset di Seed Teaching Farm Polinela

Polinela, Senin (15/03/2021). PT. Agri Makmur Pertiwi (AMP) meninjau sekaligus memanen Melon di salah satu Teaching Farm atau Teaching Factory (TeFa) yang dimiliki Polinela yaitu Seed Teaching Farm (Stefa), Pusat Penelitian & Produksi Benih Hibrida (Senin, 15/03/2021). Pada kesempatan tersebut perwakilan dari PT. AMP disambut oleh Pembantu Direktur I Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si., Kajur Budidaya Tanaman Pangan Ir. Hery Sutrisno, M.P., dan Ketua SteFa Polinela Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D.

Anung Wahyudi, Ph.D selaku ketua SteFa menyampaikan bahwa Program Seed Teaching Farm yang dikembangkan oleh Program Studi Teknologi Perbenihan Polinela meliputi kegiatan riset/penelitian khususnya kegiatan pemuliaan/perakitan varietas hibrida, sarana penunjang praktikum dan tugas akhir mahasiswa, sarana pengembangan inovasi bagi dosen dan mahasiswa, produksi benih hibrida kerjasama dengan industri perbenihan nasional, sarana pelatihan bagi masyarakat khususnya petani, sarana kunjungan/edukasi bagi siswa/pelajar untuk lebih mengenal teknologi benih tanaman pangan dan hortikultura, serta sarana wisata pertanian bagi masyarakat. Manfaat program Seed Teaching Farm adalah untuk meningkatkan mutu lulusan (pengetahuan dan kompetensi), meningkatkan sarana/prasarana pembelajaran (kuliah dan praktik), sebagai sarana pelatihan teknologi perbenihan bagi petani maupun pihak lain yang membutuhkan (seed techno & edu park) serta diharapkan mampu meningkatkan akreditasi program studi dan institusi. Terdapat beberapa jenis melon yang telah di budidayakan di Seed Teaching Farm dintaranya adalah Melon Hijau (Bernet), Melon Kuning (Golden) dan Melom Mini Oriental (kultivar makuwauri). Kegiatan ini dilakukan untuk memperlihatkan hasil dari riset/penelitian teknologi perbenihan karena Seed Teaching Farm berfokus pada perbenihan, sementara untuk produksi benih memiliki riset/penelitian tersendiri. Untuk produk unggulan yang dihasilkan yaitu Melon Hijau (Bernet) dan Melon Kuning (Golden) produk ini bekerjasama dengan Industri Benih Nasional PT. AMP atau yang lebih dikenal dengan “Benih Pertiwi”. Perusahaan tersebut berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur dan memiliki Farm Riset di berbagai wilayah di Indonesia.

Agustinus Juni selaku Area Manager PT. Agri Makmur Pertiwi mengatakan, tujuan dari kerjasama yang dilakukan dengan SteFa Politeknik Negeri Lampung untuk saling berkolaborasi tentang benih melon mulai dari cara penanaman yang baik sampai menghasilkan produk unggulan agar dikenal petani dan masyarakat luas. Salah satu tujuan bekerjasama dengan Polinela dikarenakan Polinela 70% kegiatan pembelajarannya berupa praktik. Kerjasama ini sudah terjalin sejak tahun lalu, dengan harapan bukan hanya kerjasama dalam penggembangan benih saja tetapi PT. Agri Makmur Pertiwi juga menyerap lulusan Polinela dan terus mengembangkan kerjasama lainnya dengan Polinela yang berbasis pendidikan vokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *