Polinela Adakan Bimtek Penyusunan SAKIP
Kegiatan

Polinela Adakan Bimtek Penyusunan SAKIP

Polinela, Selasa (16/02/2021). Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021 di Ruang Sidang Utama Polinela dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara ini dihadiri oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si., Dr. Imam Suseno, M.Pd. selaku Tim Pakar Setditjen Pendidikan Vokasi, dan Dwi Santoso, S.Pd. selaku Pelaksana pada Setditjen Pendidikan Vokasi, dengan peserta Bimtek Pimpinan Unit di lingkungan Polinela.

Polinela Adakan Bimtek Penyusunan SAKIP
Bimtek Penyusunan SAKIP Polinela

Acara dibuka oleh Direktur Polinela. Dalam sambutan pembukaannya, beliau mengatakan dengan diadakannya Bimtek ini, diharapkan dapat memperbaiki proses perencanaan di Polinela mulai dari perencanaan hingga pelaporan. Dengan adanya SAKIP, pemahaman dapat bergeser dari “Berapa besar dana yang telah dan akan dihabiskan” menjadi “Berapa besar kinerja yang dihasilkan dan kinerja tambahan yang diperlukan agar tujuan yang telah ditetapkan pada akhir periode bisa tercapai”.

SAKIP merupakan sistem yang dirancang untuk membantu penerima amanah mempertanggungjawabkan efektivitas dan efisiensi pengguna anggaran yang diamanahkan. SAKIP memiliki dasar hukum Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di mana setiap entitas akuntabilitas kinerja menyusun dan menyajikan laporan kinerja atas prestasi kerja yang dicapai berdasarkan penggunaan anggaran yang telah dialokasikan.

Tujuan penerapan SAKIP yaitu agar perencanaan lebih berorientasi kinerja dengan skenario evaluasi keberhasilan. Pelaporan lebih berorientasi pada hasil dan sesuai tanggung jawab pada tingkatan unit pelapor, menyelaraskan dan pengintegrasian manajemen keuangan dan manajemen kinerja (penganggaran berbasis kinerja), dan mendorong pimpinan melakukan monitoring dan pengendalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *