Polinela-Buka-Program-D2-Jalur-Cepat-Pertanian-Organik
Berita

Politeknik Negeri Lampung Buka Program D2 Jalur Cepat Pertanian Organik

Polinela, Jum’at (10/12/2021). Politeknik Negeri Lampung melalui Program Studi D3 Produksi Tanaman Pangan, Jurusan Budidaya Tanaman Pangan membuka Program D2 Fasttrack (jalur cepat) Pertanian Organik. Program D2 jalur cepat ini hanya akan ditempuh selama 3 (tiga) semester, yaitu satu semester dikampus dan dua semester dilaksanakan secara magang di industri. Pengembangan Program Studi D2 Jalur Cepat (Fast Track) Pertanian Organik, fokus untuk memberikan keterampilan dan keahlian sehingga para peserta didik nantinya mampu menjadi tenaga professional, berakhlak mulia, terampil, mandiri, siap kerja, berkarakter entrepreneurship yang ahli di bidang pertanian organik atau sustainable agriculture. Kegiatan di laksanakan di Gedung Serba Guna Polinela pada hari Kamis (9/12).

Dalam rangka menunjang program D2 Jalur Cepat Pertanian Organik, Polinela telah memiliki Teaching Factory (TEFA) yaitu Teaching Farm Polinela Organic Farm (POF). Teaching Farm POF dibentuk pada tahun 2019 melalui Program Studi D3 Produksi Tanaman Pangan. TEFA POF dibentuk dalam rangka menyediakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa agar memiliki pengalaman belajar yang semirip mugkin dengan dunia industri dan kerja. Kegiatan yang telah dilakukan di TEFA Polinela Organic Farm meliputi Pendidikan berbasis produksi produk organik (praktikum mahasiswa), penelitian, dan sebagai tempat pelatihan bagi petani serta tempat uji kompetensi (TUK) pertanian organik bagi mahasiswa maupun masyarakat.

Politeknik Negeri Lampung Buka Program D2 Jalur Cepat Pertanian Organik
Narasumber melihat Produk dari Kelompok Tani

Penerapan sistem pertanian organik di TEFA Polinela Organic Farm telah mengikuti standard yang ada antara lain: Permentan No 64 Tahun 2013 Tentang Sistem Pertanian Organik, SNI 6729-2016 Tentang Sistem Pertanian Organik, dan Permentan No 53 Tahun 2018 Tentang Keamanan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan. Bukti penerapan system pertanian organic diwujudkan dalam bentuk sertifikasi organic oleh LSO dan sertifikasi Prima terhadap produk yang dihasilkan oleh TEFA POF oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Lampung.

Dalam penyusunan program D2 Jalur Cepat Pertanian Organik meliputi berbagai rangkaian kegiatan pelatihan bagi dosen, PLP, dan instruktur dari industri, sejumlah lokakarya dengan mitra SMK dan DUDIKA, dan juga forum Kerjasama antara Politeknik Negeri Lampung dengan mitra SMK dan DUDIKA. Politeknik Negeri Lampung, pada tanggal 9 Desember 2021 menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pertanian Organik. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kegiatan D2 Jalur Cepat (D2JC) atau D2 Fast Track Pertanian Organik yang berkerjasama dengan pihak SMK dan mitra DUDIKA.

Buka-Program-D2-Jalur-Cepat-Pertanian-Organik
Politeknik Negeri Lampung Buka Program D2 Jalur Cepat Pertanian Organik

Pada acara Gebyar Pertanian Organik ini diisi dengan sejumlah acara yaitu penyerahan Sertifikat Organik dari Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) InOfice, penyerahan Sertifikat Prima 3 dari OKKPD Provinsi Lampung, penyerahan Paten Merk “Polinela Organic Farm” dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, serta penandatanganan MoU dan Kerjasama dengan sejumlah mitra SMK yang berasal dari dalam dan luar provinsi Lampung dan Mitra DUDIKA yang bergerak dibidang Pertanian Organik seperti Tani Organik Merapi (TOM) dan Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA). Pada acara Gebyar Pertanian Organik Polinela ini juga dihadiri sejumlah mitra petani atau kelompok tani yang bergerak dibidang pertanian organik seperti Poktan Multi Baliwo, Poktan Adem Ayem, dan Poktan Sri Organik Sejahtera. Dalam acara Gebyar Pertanian Organik juga ada pameran produk-produk organik hasilprakarya hasil siswa SMK, begitu pula Kelompok Tani (Poktan) yang hadir menampilkan produk organik unggulan yang mereka hasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *