Kegiatan

HMJ Peternakan Polinela Gelar Stadium General “Peran Biosecurity pada Peternakan dan Perikanan untuk Menunjang Keberlanjutan Hasil Panen”

Polinela, Selasa (25/10/2022). Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peternakan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menyelenggarakan Stadium General bertema “Peran Biosecurity pada Peternakan dan Perikanan untuk Menunjang Keberlanjutan Hasil Panen” pada Sabtu, 15 Oktober 2022. di Gedung Serba Guna (GSG) Politeknik Negeri Lampung.

Kegiatan dibuka oleh Denta Tirtana, S.Pi., M.Si selaku Pembina HMJ Peternakan. Stadium General dihadiri oleh Ketua Jurusan, Ketua Program studi, Dosen dan mahasiswa Jurusan  Peternakan. Mahasiswa  yang mengikuti kegiatan sekitar 200 berasal dari 5 Prodi yaitu: D3 Produksi Ternak, D3 Budidaya Perikanan, D4 Teknologi Produksi Ternak, D4 Teknologi Pembenihan Ikan dan D3 Perikanan Tangkap.

Kegiatan dibuka oleh Denta Tirtana, S.Pi., M.Si selaku Pembina HMJ Peternakan

Hadir sebagai narasumber bidang peternakan, drh. Fitri Yanti dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. Beliau membagikan pengalamannya selama menjalani pendidikan dan bekerja hingga bisa meraih gelar dokter hewan. Materi yang disampaikan  tentang biosecurity dalam bidang peternakan. Biosecurity merupakan penanganan pertama dalam pengendalian penyakit ternak.

narasumber bidang peternakan, drh. Fitri Yanti dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung

Narasumber kedua, Dr. Supono, S.Pi., M.Si., Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia Korda Lampung sekaligus dosen di Universitas Lampung. Materi yang disampaikan yaitu Biosecurity bidang perikanan.   Biosecurity merupakan indeks pencegahan penyakit yang dapat dilakukan terutama dalam usaha tambak udang yang sangat rentan terhadap penyakit. Saat ini biosecurity pada budidaya ikan diterapkan pada perikanan industri terutama pada budidaya udang.

Dr. Supono, S.Pi., M.Si., Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia Korda Lampung sekaligus dosen di Universitas Lampung

Dengan terselenggarakannya Stadium General bertema “Peran Biosecurity pada Peternakan dan Perikanan untuk Menunjang Keberlanjutan Hasil Panen” diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep ketahanan hayati. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *