Polinela-Kunjungan-Senat
Berita Kegiatan

Perkuat fungsi dan sinergi, Senat Polinela berkunjung ke Senat Sekolah Vokasi UGM

Polinela, Kamis (22/12/2022). Dalam upaya memperkuat fungsi dan sinergi organ Senat dan Pimpinan Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Senat Polinela berkunjung ke Senat Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Rabu, 21 Desember 2022. Kegiatan berlangsung di Gedung Teaching Industry Learning Centre (TILC) yang merupakan icon dari SV UGM.

Berdasarkan arahan Kiki Yuliati sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) pada pertemuan seluruh Pimpinan Senat Politeknik dan Sekolah Vokasi menggaris bawahi peran sentral Senat Perguruan Tinggi (PT) Vokasi. Peran penting Senat PT Vokasi berperan yaitu :

1. Bekerjasama dengan pimpinan Politeknik/Akademi Komunitas untuk meningkatkan mutu pelaksanaan dan hasil tri dharma Perguruan Tinggi;

2. Memberi pertimbangan dan landasan kebijakan kepada pimpinan Perguruan Tinggi Vokasi Negeri (PTVN) dalam bidang akademik;

3. Menjadi pihak penyeimbang (check and balances) dalam pengelolaan perguruan tinggi, focus pada bidang akademik;

4. Memastikan kesinambungan pengembangan perguruan tinggi mengacu pada Statuta, Visi, dan Misi;

5. Memastikan pemilihan pimpinan PTVN dilakukan berdasarkan kompetensi kepemimpinan dan manajerial untuk mewujudkan Good University Governance.

Jajaran pimpinan Senat dan Dekanat SV UGM menerima Tim Senat Polinela dengan sangat hangat. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Senat, Muhammad Arrofiq, S.T., M.T., Ph.D. didampingi dengan para Pimpinan Komisi Senat. Ketua Senat Polinela Ir. Zainal Mutaqin, M.Si. menguraikan tujuan pentingnya mendapatkan informasi komparatif dari sekolah SV UGM terkait implementasi Peran Senat dalam membangun sinergitas dengan pimpinan SV dalam penyelenggaraan akademik.

Pimpinan Dekanat SV UGM yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Wiryanta, S.T., M.T., menekankan pada pentingnya kegiatan penelitian dan pengabdian dosen yang menjadi bagian dari peningkatan kualitas SDM Dosen melalui percepatan kenaikan jenjang jabatan fungsional. UGM memiliki Satu Gerakan bersama yaitu Gerakan semua dosen wajib S3, termasuk dosen SV UGM. Dengan bonus demografi 80% usia dosen berusia <40 th dapat dilihat betapa SV UGM berisi jajaran Manajer dan Kepala Departemen (8) dan dosen-dosen yang sangat produktif dalam mewujudkan Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan (VMTS) SV UGM. Tahun 2023 SV UGM menargetkan 5 Program Studinya mendapatkan akreditasi internasional.

Polinela-Kunjungan-Senat
Foto Bersama Senat Polinela dan Senat Sekolah Vokasi UGM

Senat SV UGM berperan dalam menafsirkan kebijakan dari UGM tentang penyelengaraan SV UGM. Pada tataran kebijakan dan memberikan arahan, endorse, persetujuan khusus untuk kurikulum, dan lain lainnya yang bersifat pertimbangan. Selama ini meskipun dalam memberikan pertimbangan Senat dan Pimpinan SV memberikan ruang dan saling menghormati. Secara intensif rapat komisi dengan Wakil dekan sebagai Narsum menjadi agenda rutin terutama pada kondisi banyak keputusan strategis dan penting perlu segera dilakukan.

SV UGM menargetkan pada tahun 2025 memiliki 30% mencapai jenjang fungsional dosen tertinggi Guru Besar. Sistem informasi terintegrasi dalam memastikan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional dosen menjadi prasarana penting untuk mewujudkan SDM dosen berkualitas dan unggul. Setiap bulan Senat SV memberikan pertimbangan kenaikan jabatan 3-6 dosen. Secara administrasi pendampingan PAK dan dilakukan mulai dari jenjang Departemen dan Dekanat. Bahkan pendekatan sangat humanis dilakukan oleh Wadek II dengan mengundang dosen secara khusus dosen-dosen yang kenaikan jabatan fungsionalnya lambat dan stagnan, termasuk dengan pasangannya agar mendapatkan solusi dan mencari jalan biar dosen semangat untuk ngurus PAK.

Spirit membangun SDM unggul, sinergi yang terjalin baik antara Senat dan Pimpinan SV UGM menjadi kunci gerak cepat langkah SV UGM Unggul. Senat Polinela mendaptkan perspektif baru dalam menerjemahkan pentingnya simpul sinergi terus dikuatkan antara jajaran Senat dan Pimpinan Polinela dalam mewujudkan VMTS Polinela Unggul di masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *