Polinela_Mahasiswa Agroteknologi ANMURA Kunjungi Polinela
Kegiatan

Mahasiswa Prodi Agroteknologi UNMURA Kunjungi POF Polinela

Polinela, Selasa (11/01/2022). Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Musi Rawas (UNMURA) melakukan kunjungan ke Politeknik Organic Farm (POF) Politeknik Negeri Lampung. Univeritas Musi Rawas merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Jl. Sultan Mahmud Badarrudin II Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau Propinsi Sumatera Selatan. Rombongan terdiri dari 109 orang mahasiswa dan 11 orang dosen yang didampingi oleh Dekan Fakultas Pertanian, Bapak Hermanto, SE., M.Si.

Rombongan diterima oleh Ir. Hery Sutrisno, M.P., selaku Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan dan Dr. Dulbari, SP., M.Si., selaku Ketua Pengelola POF. Dalam kesempatan tersebut Ketua POF menjelaskan, “Teaching Farm Pertanian Organik merupakan sarana pembelajaran dalam bentuk unit produksi yang khusus mengelola kegiatan pertanian organik dengan nama Polinela Organic Farm (POF) yang berdiri sejak tahun 2019 dan berada di bawah Program Studi Produksi Tanaman Pangan Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Politeknik Negeri Lampung. Polinela Organic Farm saat ini telah mendapatkan Sertifikat Prima 3 dari OKKPD Provinsi Lampung dan Sertifikat Organik dari LSO InOfice. Luas lahan 1,5 ha dengan berbagai jenis tanaman : sayuran, palawija, padi, aneka umbi, aneka kacang, tanaman obat, tanaman buah, dan tanaman refugia. Fasilitas yang tersedia : Bangsal praktik, bangsal pupuk organik, bangsal edamame, lab sawah mini, lab aquaponik, dan kolam bioflok. Produk Yang dihasilkan : pupuk organik padat, pupuk organik cair, dekomposer, pestisida nabati, dan aneka sayuran organik. Layanan Jasa : POF juga menyediakan layanan jasa pelatihan kompetensi tentang pertanian organik, kegiatan magang industri dan kunjungan lapangan. Produk Unggulan : 1. Pupuk Organik, 2. Edamame, dan 3. Beras Hitam”.

Polinela_Mahasiswa Agroteknologi ANMURA Kunjungi Polinela
Pengarahan dari Dr. Dulbari, SP., M.Si., selaku Ketua Pengelola POF

Setelah mendapatkan penjelasan tentang POF, mahasiswa dan dosen dari Program Studi Agroteknologi UNMURA berkunjung ke area POF yang dipandu oleh beberapa orang dosen dan PLP Program Studi Produksi Tanaman Pangan. Dalam kesempatan tersebut, Ir. Yuriansyah, M.Si. dan Hidayat Saputra, S.P., M.Si. menjelaskan tentang proses pembuatan pupuk organik padat, pupuk organik cair, dekomposer, pestisida nabati dengan fasilitas bangsal praktik, bangsal pupuk organik, bangsal edamame, lab sawah mini, lab aquaponik, dan kolam bioflok. Rombongan juga berkesempatan menyaksikan secara langsung pembuatan pestisida organik berbahan daun sirsak yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Produksi Tanaman Pangan Polinela.

Sebelum rombongan meninggalkan POF diadakan acara ramah tamah di Bangsal Utama POF. Pada acara tersebut Ketua HIMA Agroteknolgi UNMURA, Widodo Kalalo yang menyapaikan kesan dan pesan, “banyak hal yang dapat kami pelajari di sini, kami sangat tertarik dengan pengelolaan limbah menjadi pupuk organik dan pembuatan pestisida organik berbahan dasar daun sirsak, kami berharap teknologi yang diterapkan di POF Polinela dapat diterapkan UNMIRA”. Pesan dan kesan berikutnya dari salah satu mahsiswa, Putri Tiara Putri, mengatakan: “terima kasih atas sambutan dan bimbingannya, kunjungan ini memberikan wawasan dan akan berusaha kami iterapkan di kampus kami, pesan kami semoga kakak dari Polinela dapat berkunjung ke UNMURA”.

Polinela_Mahasiswa Agroteknologi ANMURA Kunjungi Polinela
Mahasiswa Agroteknologi ANMURA Kunjungi Polinela

Bapak Sutejo, Pembantu Dekan I UNMURA dalam sambutanya mengatakan: “segala usaha tidak harus dimulai dari yang besar, sebagaimana telah dicontohkan oleh Polinela yang mampu mengolah sampah menjadi pupuk organik dan mempunyai nilai jual yang tinggi, di dekat kampus UNMURA terdapat banyak sekali sampah yang bisa dijadikan bahan dasar pupuk organik. Kami berharap UNMURA dan Polinela dapat menjalin kerjasama.

Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Ir. Hery Sutrisno, M.P., menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari UNMURA, “kunjungan ini merupakan penghargaan bagi kami, kami mohon maaf tidak bisa menyambut secara resmi, semoga kita bisa menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan UNMURA”.

Dekan Fakultas Pertanian UNMURA, Bapak Hermanto, SE., M.Si., menyampaikan: “Atas nama UNMURA kami ucapkan terima kasih kepada Polinela dan seluruh jajaran, Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan dan POF Polinela atas sambutanya, setelah diadakannya kunjungan ini kami berharap diadakannya MoU antara UNMURA dengan Polinela dalam rangka pencakokan hibah penelitian dan transfer teknologi. Kami sangat terkesan dengan mahasiswa Polinela, mereka sangat terampil dalam mengaplikasikan teknologi pertanian khususnya dalam pengelolaan kegiatan pertanian organik, saya berharap hal ini dapat dijadikan contoh oleh mahasiswa program studi Agroteknologi UNMURA dan bisa dipraktikan sepulang dari kunjungan ini”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.