“Kopiah Pelepah Pinang” Juarai Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) Politeknik Negeri Lampung
Berita

“Kopiah Pelepah Pinang” Juarai Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Senin (12/04/2021). Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) dan Pameran Produk Teknologi Berbasis Pertanian “Teaching Factory” adalah kegiatan yang diselenggarakan UPT Pengembangan Produk Dan Pusat Unggulan Teknologi (P3UT) yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Polinela. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakan Dies Natalis Polinela yang ke 37.

Acara ini dihadiri langsung oleh Direktur Dr. Ir. Sarono, M.Si, Pembantu Direktur I Dwi Puji Hartono,S.P., M.Si., Pudir II Ir. Ferziana, M.P., Pudir III Ir. Beny Hidayat, M.Si, Para KUPT Polinela, Kepala Jurusan Polinela, Dinas KPTPH Provinsi Lampung.

Dalam acara LIPT Ketua Pelaksanakan memberikan sambutan bahwa “Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) seluruh Lampung terdiri dari 19 peserta, kemudian dari 19 peserta LIPT terdapat 5 peserta terbaik, yaitu: Produk Tiwul Lele Dari Lampung Tengah, Coir POT Dari Bandar Lampung, Biogas Dari Lampung Selatan, Kopiah Pelepah Pinang Dari Lampung Barat dan Liquid Wine Coffe Dari Bandar Lampung. Selanjurtnya 5 peserta terbaik melakukan presentasi dan tanya jawab untuk mendapatkan Nilai terbaik dari Dewan Juri.”

Direktur Dr. Ir. Sarono, M.Si mengharapkan Kita harus mengembangakan produk Teaching Factory dan UMKM untuk melakukan promosi agar masyarakat lebih mengenal produk buatan TEFA dan UMKM. Selanjutnya Direktur mengatakan “Semua finalis LIPT adalah pemenang dalam perlombaan ini, dan diharapkan inovasi produk dapat berkembang setiap tahunnya, agar dapat bersaing dengan produk yang lainnya.

Acara ini dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil produk yang mereka perlombakan dengan cara menampilkan power point, vidio, serta hasil produk dan sesi tanya jawab antara Dewan Juri dan finalis LIPT. Dewan Juri diketuai oleh Kepala UPT P3UT Ir. Nurman Abdul Hakim, M.P. , Juri II Rizka Novi Sesanti, S.P., M.P., dan Juri III Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si Selaku Kepala BPTP Lampung.

Pemenang Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) telah ditentukan oleh Dewan Juri. Juara I dimenangkan oleh Bapak Robiyanto dengan Produk Kopiah Pelepah Pinang dari Lampung Barat, Juara II dimenangkan oleh UKM Mina Transad dengan Produk Tiwul Lele dari Lampung Tengah, Juara III dimenangkan oleh Siti Ghalika dengan Produk Liquid Wine Coffee dari Bandar Lampung, Juara Harapan I dimenangkan oleh Rahmad Adi Guntoro dengan Produk Coir Pot dari Bandar Lampung, dan Juara harapan II dimenangkan oleh KPT. Maju Sejahtera dengan Produk Biogas dari Lampung Selatan.

Pemenang Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) Politeknik Negeri Lampung
Pemenang Lomba Inovasi Produk Teknologi (LIPT) Politeknik Negeri Lampung

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada peserta lomba LIPT agar mampu bersaing dalam memberikan inovasi-inovasi yang baru serta memberikan motivasi bagi mahasiswa Polinela untuk berkreativitas dan berwira usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *