Berita Kegiatan

International Guest Lecturer Oleh Ahli Oseanografi Dari Prancis Hasil Kolaborasi 3 Prodi Polinela

Polinela, Selasa (12/07/2022) Program studi Budidaya perikanan, Teknologi Pembenihan Ikan dan Perikanan Tangkap Politeknik Negeri Lampung berkolaborasi menyelenggarakan Guest Lecturer pada hari Senin  11 Juli 2022 bertempat di ruang sidang Politeknik Negeri Lampung. Guest Lecturer kali ini mengusung tema “Physical Processes Impact on Harmful Dinoflagellates Bloom in Hurun Bay, First Results and Perspective” yang disampaikan oleh Mr. Yannis Cuypers, Ph.D, Laboratorie d’Oceanographiest du climat (LOCEAN).

Acara diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan dari Direktur Polinela, Bapak Dr. Ir. Sarono, M.Si. Beliau berharap kerjasama ini tidak hanya sampai disini akan tetapi dapat berlanjut. “Baik mahasiswa, dosen maupun PLP diharapkan bisa menangkap kerjasama ini, baik dibidang penelitian bersama atau kerjasama lainnya” pesan Bapak Dr. Ir. Sarono, M.Si. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara, yaitu Mr. Yannis Cuypers, Ph.D.

Pemaparan materi diawali dengan pengenalan mekanisme dasar dari proses terjadinya  blooming (kelimpahan) alga dan plankton. Selanjutnya beliau memaparkan terkait proses fisika yang terjadi penyebab blooming dinoflagelata pada peraian teluk Hurun, Pesawaran, Lampung. Paparan disertai dengan penyampaian data – data parameter fisika hasil penelitian bersama antara Mr. Yannis Cuypers, Ph.D. dan tim dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung. Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab interaktif yang terdiri dari 3 orang penanya. Salah satu mahasiswa Program Studi Teknologi Pembenihan Ikan menanyakan langkah preventif apa yang dapat dilakukan oleh pembudidaya ketika lingkungan budidayanya terjadi kelimpahan plankton yang membahayakan. Paparan dari Mr. Yannis telah meningkatkan pemahaman mahasiswa dan dosen yang hadir terhadap kelimpahan plankton yang dapat membahayakan lingkungan perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.