Berita Kegiatan

Diskusi Interaktif di BTP EXPO 2024, Kolaborasi dengan Perusahaan Pertanian Terkemuka

Polinela, Kamis (13/06/2024). Pada pelaksanaan BTP EXPO 2024 juga menyelenggarakan sesi talk show bersama mitra industri yang dimoderatori oleh Mustika Adzania Lestari, S.P., M.P. Sesi ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perusahaan besar di bidang pertanian seperti PT. BISI Internasional, PT. Dharma Guna Wibawa, PT. Syngenta Indonesia, dan PT. Great Giant Foods.

perwakilan dari PT. BISI Internasional, PT. Dharma Guna Wibawa, PT. Syngenta Indonesia, dan PT. Great Giant Foods.

Dalam sesi talk show bersama mitra industri ini, para perwakilan perusahaan membahas berbagai topik penting terkait perkembangan industri pertanian di Indonesia. Mereka berbagi pengalaman dan strategi dalam menghadapi tantangan industri, serta bagaimana kolaborasi antara perusahaan dan institusi pendidikan dapat menghasilkan solusi inovatif untuk pertanian berkelanjutan.

Perwakilan dari PT. BISI Internasional, misalnya, mengungkapkan pentingnya penelitian dan pengembangan (R&D) dalam menciptakan varietas tanaman yang unggul dan tahan terhadap perubahan iklim. “Kerjasama dengan institusi pendidikan seperti Polinela sangat vital untuk memastikan bahwa inovasi-inovasi ini dapat diterapkan dengan efektif di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari PT. Syngenta Indonesia menekankan pada penggunaan teknologi digital dan precision farming untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian. “Penerapan teknologi modern dalam pertanian bukan hanya meningkatkan hasil panen tetapi juga membantu petani dalam mengelola sumber daya secara lebih efisien,” katanya.

Diskusi juga mencakup upaya PT. Great Giant Foods dalam menerapkan praktik pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan. Mereka berbagi tentang program-program yang sudah berjalan dan dampaknya terhadap kesejahteraan petani lokal. “Kami berkomitmen untuk tidak hanya memproduksi pangan yang berkualitas tetapi juga menjaga keseimbangan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas sekitar,” ujar perwakilan perusahaan.

Sesi ini memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta, terutama mahasiswa yang akan segera terjun ke dunia industri. Mereka mendapatkan gambaran nyata tentang bagaimana teori yang dipelajari di kampus dapat diimplementasikan dalam industri pertanian. “Sesi talk show ini sangat bermanfaat, memberikan pandangan langsung dari industri dan memperkaya pemahaman kami tentang tantangan dan peluang di sektor pertanian,” kata seorang mahasiswa peserta.

Kegiatan BTP EXPO 2024 ini tidak hanya menjadi ajang pameran dan diskusi, tetapi juga menjadi wadah untuk menjalin kerjasama yang lebih erat antara akademisi dan praktisi industri, demi kemajuan sektor budidaya tanaman pangan di Indonesia. Dengan berbagai sesi yang inspiratif dan edukatif, acara ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan kolaborasi yang berkelanjutan di masa depan.