BIMTEK Penyuluh Pendamping Program Petani Milenial Untuk Mahasiswa Penerima Beasiswa Pertanian Provinsi Lampung
Berita Kegiatan

BIMTEK Penyuluh Pendamping Program Petani Milenial Untuk Mahasiswa Penerima Beasiswa Pertanian Provinsi Lampung

Polinela, Senin (25/01/2021) Direktur Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Dr. Ir. Sarono, M.Si. resmi membuka BIMTEK Penyuluh Pendamping Program Petani Milenial Untuk Mahasiswa Penerima Beasiswa Pertanian Provinsi Lampung bertempat di GSG Politeknik Negeri Lampung yang dihadiri oleh 64 peserta penyuluh pendamping yang hadir secara Offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan mahasiswa penerima beasiswa pertanian Provinsi Lampung secara Online via Youtube.

Acara ini di hadiri langsung oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si., sedangkan dari pihak Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung diwakili oleh Ir. Khoirul Amri, M.E.P serta Penyuluh Pendamping Mahasiswa Penerima Beasiswa Pertanian Provinsi Lampung. Turut hadir sebagai pembicara pada acara tersebut Kepala Unit Kerjasama Polinela, Ir. Zainal Mutaqin, M.Si., dan Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Polinela Agung Adi Candra, S.KH., M.Si .

Dalam sambutannya, Direktur Polinela berharap kerja sama yang sudah terjalin semakin ditingkatkan dan dikembangkan agar dunia pertanian tetap eksis.
Beliau juga memperkenalkan Polinela merupakan jalur pendidikan vokasi yang terdiri dari 30% teori dan 70% praktek. Jenjang Pendidikan yang ditempuh oleh Polinela juga setara dengan Universitas yaitu D3, S1 Terapan dan S2 Terapan. Rencananya Polinela akan membuka S3 Terapan. D3 Polinela terdapat 13 prodi, S1 Terapan terdapat 10 prodi dan S2 Terapan terdapat 1 prodi. Pada saat ini telah berlangsung seleksi penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari 6 jalur yaitu jalur PMKAB, SNMPN, SNMPTN, SBMPN, SBMPTN, dan Mandiri. Pada tahun ini Polinela telah membuka program studi baru, yaitu Pengelola Perkebunan Kopi yang pada tahun ini prodi tersebut siap menerima mahasiswa baru. Tahun 2019 Polinela juga membuka prodi baru yaitu Perjalanan Wisata yang disambut dengan antusias oleh masyarakat. Polinela mempunyai sarana pembelajaran langsung seperti Teching Farm, salah satu produk unggulan yang dihasilkan yaitu Edamame.

Kepala Unit Kerjasama Polinela, Ir. Zainal Mutaqin, M.Si., dan Ketua Unit Penelitian dan Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Polinela Agung Adi Candra, S.KH., M.Si. menyampaikan materi tentang Beasiswa Pertanian Pemprov Lampung. Beasisswa Pemprov Lampung diberikan kepada generasi penerus pertanian Lampung. Mahasiswa penerima beasiswa ini merupakan anak petani, nelayan, penyuluh pertanian di seluruh wilayah Provinsi Lampung. Peranan Polinela adalah sebagai tempat pelaksanaan proses pendidikan, pendampingan akademik, dan memberikan program penguatan tambahan melalui penajaman kompetensi bidang penyuluhan (pertanian, kewirausahaan, penguatan karakter, dan public speaking) bagi mahasiswa penerima mahasiswa tersebut.
BIMTEK ini dilaksanakan sebagai landasan bagi penyuluh agar lebih paham dan mengerti sistem dan cara membimbing mahasiswa penerima Beasiswa Pertanian Provinsi Lampung. Dengan adanya BIMTEK ini diharapakan mahasiswa yang menerima beasiswa pertanian dapat menjadi lulusan yang berkualitas, menjadi petani milenial yang berwawasan luas sehingga menjadi petani panutan. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan untuk para penyuluh pendamping guna menciptakan generasi petani yang kompeten.

Diakhir acara, Direktur Polinela mengajak seluruh peserta yang hadir dalam acara untuk memanen jagung. Jagung yang dipanen bukanlah jagung biasa karena jagung tersebut berwarna ungu dan bisa langsung dimakan. Jagung ungu tersebut merupakan hasil praktik dari mahasiswa Polinela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *