Polinela_PKKMB2021
Berita Kegiatan Mahasiswa

1.270 Calon Mahasiswa Baru Mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Rabu (25/08/2021). Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Tahun Akademik 2021/2022, secara resmi dibuka oleh Direktur Polinela, Dr. Ir. Sarono, M.Si. yang didampingi oleh seluruh jajaran Pimpinan Polinela secara daring via Zoom Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 1.270 mahasiswa dan akan berlangsung dari tanggal 25 s.d. 27 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Direktur menyampaikan selamat bergabung sebagai sivitas Akademika Polinela. Politeknik merupakan pendidikan vokasi dengan 70% praktik dan 30% teori, lulusan politeknik merupakan lulusan siap kerja namun juga bisa melanjutkan ke jenjang studi selanjutnya. Pada kesempatan ini juga disampaikan jika seseorang ingin menjadi pemimpin dimasa depan, maka sangat diperlukan sikap santun dari seorang mahasiswa, serta berani berjuang dan tak lupa berdo’a, restu dan do’a orang tua sangat dekat dengan keberhasilan dan merupakan pondasi dari calon pemimpin dimasa depan.

PKKMB Polinela Tahun Akademik 2021/2022 Via Zoom Meeting
PKKMB Polinela Tahun Akademik 2021/2022 Via Zoom Meeting

Hari ke-1 PKKMB diisi dengan berbagai materi yang diantaranya, Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si menerangkan mengenai kegiatan akademik yang dilaksanakan di Polinela pada masa pandemi Covid-19. Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik juga menyampaikan terjadinya perubahan paradigma pembelajaran dari siswa menjadi mahasiswa, dimana saat menjadi siswa bersifat pasif tetapi saat sudah menjadi mahasiswa kita dituntut menjadi aktif dan mandiri.

Pembantu Direktur 2 Bidang Administrasi Umum & Keuangan, Ir. Ferziana, M.P memberikan materi tentang tata kelola keuangan dan sumber daya manusia di Polinela. Polinela saat ini memiliki 5 jurusan yang terdiri dari 13 Program Studi Diploma 3, 10 Program Studi D4/S1 Terapan, dan 1 Program S2 Terapan. Jumlah SDM Polinela terdiri dari 207 Dosen, 151 Tenaga Administrasi, dan 90 Pranata Laboratorium.

Pembantu Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Ir. Beni Hidayat, M.Si menjelaskan mengenai organisasi kemahasiswaan yang ada di Polinela. Jenis-jenis organisasi kemahasiswa terdiri berbagai jenis diantaranya Kewirausahaan, Minat dan Bakat, Seni dan Kerohanian. Polinela menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Untuk kesejahteraan mahasiswa juga tersedia berbagai jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, maupun swadaya masyarakat.

Dihari pertama PKKMB 2021 diakhiri dengan penyampaian materi tentang Wawasan Kebangsaan dengan narasumber Pgs Kaptenrem Korem 043 Garuda Hitam Lampung, Kapt. Infanteri Sukandi. Beliau menegaskan bahwa bangsa Indonesia adalah kumpulan dari 500 lebih suku bangsa dengan 1.025 budaya yang mendiami 17.504 pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang luasnya 7.150.000 km2.. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memahami 4 Pilar Kebangsaan yaitu: Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI Pancasila karena dengan memahami 4 Pilar Kebangsaan maka kita dapat mengenal jati diri bangsa, memiliki pijakan sebagai warga negara, dan menjaga eksistensi bangsa.

Pada hari sebelumnya telah dilaksanakan Sosialisasi PKKMB yang diikuti 1.270 mahasiswa baru. Dalam acara Sosialisasi ini dijelaskan Tata Tertib selama kegiatan PKKMB oleh Ketua Panitia Ir. Teguh Budi Trisnanto, M.Si. dan Koordinator Acara Marlinda Apriyani, S.P., M.P.

Acara hari ke-2 akan diisi dengan berbagai materi diantaranya Pelayanan Mahasiswa yang ada di Polinela, Membangun Karakter Mahasiswa, dan Pengenalan Organisasi Mahasiswa yang ada di Polinela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *