Weekend Productive (Series 3) - D3 Teknologi Pangan Polinela
Kegiatan

Weekend Productive (Series 3) – D3 Teknologi Pangan Polinela

Polinela, Selasa (04/05/2021). Program Studi D3 Teknologi Pangan pada hari Sabtu, Tanggal 30 April 2021 telah melaksanakan kegiatan “Weekend Productive (Series-3) ” melalui aplikasi Zoom Meeting. Peserta yang hadir berasal dari 5 komponen, yaitu mahasiswa aktif (angkatan 2018, 2019, dan 2020), alumni, siswa SMA/SMK/MA dan masyarakat umum, serta para Dosen D3 Teknologi Pangan. Tema yang diusung adalah “Teknologi Pangan Jalan sebagai Wirausaha Muda”. Tema ini secara khusus diambil untuk memberikan wawasan kepada semua peserta webinar terutama mahasiswa aktif dan calon mahasiswa bahwa Teknologi Pangan bisa menjadi jalan sebagai seorang wirausaha.

Webinar dibuka oleh Wakil Direktur III Politeknik Negeri Lampung (Bidang Kemahasiswaan), Ir. Beni Hidayat, M.Si, sekaligus memberikan sambutan. Webinar kali ini terdiri dari 3 orang pemateri. Pemateri pertama adalah Hasti Wiryani, A.Md. Beliau adalah alumni Program Studi Teknologi Pangan angkatan masuk tahun 2009. Beliau menyampaikan materi “Peluang dan Tantangan Wirausaha Kopi”. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan pengalaman yang beliau alami selama menjalani wirausaha kopi yang dimulai sejak kuliah di Teknologi Pangan Polinela. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa peluang wirausaha kopi masih terbuka luas meski banyak sekali wirausaha yang bergerak di bidang kopi. Beliau menyatakan bahwa setiap wirausaha apapun bidangnya pasti mempunyai tantangan dan harus dihadapi dengan semangat.

Penjelasan Materi oleh salah satu Pemateri
Pemaparan Materi kedua oleh Hani Wijaya S.T.

Pemateri kedua adalah Hani Wijaya S.T. Beliau adalah alumni Program Studi Teknologi Pangan angkatan masuk tahun 1998. Beliau pernah bekerja di berbagai industri seperti PT. Garudafood Putra-Putri Jaya (Garudafood Group), PT. Tempo Scan Pacific, Tbk., PT. Sun Paper Source (SPS Group), dan Madani Group. Beliau mempunyai pengalaman profesional selama14 tahun di bidang sales dan marketing. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan perbedaan antara sales dan marketing, bagaimana produk dikembangkan sampai akhirnya dilepas ke pasaran, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya terima produk oleh konsumen.

Pemateri ketiga adalah Puji Tenia, A.Md. Beliau adalah alumni Program Studi Teknologi Pangan angkatan masuk tahun 2005. Sama halnya dengan pemateri pertama, beliau juga memaparkan pengalaman berwirausaha kue dengan merk Teniafood. Beliau selain berwirausaha juga merupakan seorang ASN di Bapeltan Prop. Lampung. Sebelum berwirausaha di bidang makanan beliau sudah banyak mencoba wirausaha lain seperti fashion, tapi tidak berhasil. Beliau menyampaikan bahwa dalam berusaha harus terus mencoba dan melakukan berbagai kreasi usaha.

Kegiatan Weekend Productive (Series 3) berlangsung kurang lebih 2,5 jam (14.00 – 16.30 WIB). Para peserta cukup antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri. Cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kepada para pemateri. Kegiatan Weekend Productive diakhiri dengan pemberian sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada ketiga pemateri yang telah memberikan ilmu dan meluangkan waktu disela-sela kesibukan wirausaha dan kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *