Berita Kegiatan

Studium Generale HIMA Teknologi Perbenihan dan Penandatangan MoU dengan 5 Perusahaan Mitra Studi

Polinela, Selasa (13/09/2022). Progam Studi Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung mengadakan kuliah umum dengan tema “Membangun Pertanian Melalui Benih Unggul, Bermutu, dan Bersertifikasi” dan penandatanganan MoU dengan 5 perusahaan mitra studi. Kelima perusahan tersebut  adalah PT. Agri Makmur Pertiwi, PT. Habibi Digital Nusantara dan Metro Garden, CV. Maju Sejahtera Inti, PT. Marm Maju Sejahtera, dan Firma Bandulbesi Istana Benih. Acara yang berlansung di Gedung Sakura Politeknik Negeri Lampung pada hari Sabtu 12 September 2022 tersebut dihadiri oleh  jajaran Direksi Polinela, 5 Pimpinan perusahaan mitra studi yang melaksanakan penandatanganan MoU pada acara tersebut.

Wahyu Khoirul Amri mahasiswa semester V Program Studi Teknologi Perbenihan selaku Ketua Pelaksana Stadium General, dalam laporannya menjelaskan bahwa jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut sebanyak 163 mahasiswa  semester I,III,V dan VII Program Studi Teknologi Perbenihan.

Sementara itu,  Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D selaku Ketua Progam Studi Teknologi Perbenihan, dalam sambutannya beliau menyampaikan “pada pagi hari ini bapak-bapak dan ibu- ibu tamu undangan sekaligus mahasiswa saya sangat bangga sekali meskipun sangat singkat persiapannya, 5 industri berkenan hadir dan sepakat untuk bekerjasama, semoga niat baik ini  mampu mengantarkan  mahasiswa ini menjadi generasi penerus  dan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan”.

Sambutan Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D selaku Ketua Progam Studi Teknologi Perbenihan

Dilanjutkan sambutan oleh Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan,  Desi Maulida, S.P., M.Si., beliau menyampaikan “dengan dilaksanakannya Stadium General sekaligus penandatanganan MoU dengan 5 industri, kita sebagai lembaga Pendidikan Vokasi yang diharuskan link and Match  dengan Industri, Dunia Usaha, Dunia Kerja (DUDIKA), maka kami berharap kepada bapak/ibu menjadikan kegiatan ini bukan hanya sebatas kegiatan praktek kerja lapangan tetapi juga bisa kegiatan lainnya yaitu terkait dengan riset dan pengabdian antara industri dengan perguruan tinggi khususnya diprogram studi Teknologi Perbenihan. Kemudian bagi adik-adik mahasiswa, hari ini kita kedatangan Prof. Dr. Muhammad Syukur,S.P., M.Si., beliau adalah seorang peneliti  yang karyanya sudah banyak dipublikasikan dalam bentuk  buku, dan bukunya tersedia di toko-toko buku salah satunya  gramedia. Karya tulis beliau  selama ini menjadi referensi kita untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan pada Program Studi Teknologi Perbenihan,  jadi pada kegiatan ini, ibu berpesan kepada adik-adik mahasiswa untuk bisa mengambil ilmunya, bertanya sebanyak mungkin karena beliau dan tim sudah meluangkan waktu pada hari ini untuk memberikan ilmu kepada adik-adik semuanya”.

Sambutan Oleh Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Desi Maulida, S.P., M.Si.

Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si., dalam sambutannya beliau menyampaikan “Pada hari ini untuk adik-adik mahasiswa, di pertemukan dengan para praktisi dibidang pembenihan,  manfaatkan secara optimal bahwa didunia pembenihan itu bisnisnya luar biasa. Kemudian bapak/ibu semua kita sama-sama di politeknik tentu akan lebih senang kalau bisa berkolaborasi antara praktisi dan akademisi. Kemudian ada unsur pemerintah dalam mengembangkan Teknologi benih, tanaman hortikultura, tanaman pangan. Kemudian produk lainnya, tentu ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Kita terus bekerja, terus berjuang untuk meningkatkan kualitas-kualitas produk terutama di Indonesia. Adik-adik nanti bisa belajar dari para praktisi-praktisi. Kemudian pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terimakasih kepada Program Studi Teknologi Perbenihan ini karena merupakan program studi satu satunya di Lampung. Pada kesempatan ini kita tidak hanya MoU diatas kertas tetapi nanti kita sering berkolaborasi. Tentu Politeknik akan selalu berkembang dan akan selalu memfasilitasi program studi ini sehingga menjadi kompetitif”.

Sambutan oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si.

Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan kuliah umum dengan pemateri Prof. Dr. Muhammad Syukur,S.P., M.Si., dalam kuliah umum tersebut beliau memberikan materi dengan tema “Membangun pertanian melalui penyediaan benih varietas unggul bermutu” dalam paparannya beliau menyampaikan, tentang bagaimana proses budidaya pertanian khususnya tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

pemateri Oleh Prof. Dr. Muhammad Syukur,S.P., M.Si. Mengenai Proses Budidaya Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published.