Polinela-PKKMB-Pascasarjana-S2-Magister-Terapan-Ketahanan-Pangan-2022
Berita Kegiatan

PKKMB Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan (MTKP) Politeknik Negeri Lampung Tahun 2022

Polinela, Selasa (13/09/2022). Direktur Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Dr. Ir. Sarono, M.Si. pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 mengukuhkan 16 mahasiswa baru Program Pascasarjana Magister (S2) Terapan Pertanian Program Studi Ketahanan Pangan (MTKP) dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2022/2023 bertempat di ruang sidang A Polinela. Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T., Direktur Polinela, Pembantu Direktur I, Pembantu Direktur II, Pembantu Direktur III, dan Ketua Pengelola Pascarajana MTKP Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si.

Polinela-PKKMB-Pascasarjana-S2-Magister-Terapan-Ketahanan-Pangan-2022
Ketua Senat Polinela Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka Acara PKKMB

Acara dibuka oleh Ir. Zainal Mutaqin, M.Si. selaku Ketua Senat Polinela. Beliau mengucapkan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Polinela. Diharapkan mahasiswa Program MTKP dapat lebih disiplin dan benar-benar serius selama masa perkuliahan agar dapat menyerap ilmu dengan baik dan lulus dengan tepat waktu.

Materi pertama oleh Dwi Puji Hartono, S.Pi.M.,Si selaku Pembantu Direktur I Polinela, menjelaskan sistem pendidikan yang ada di Polinela. Polinela memiliki 5 Jurusan dan 1 Program Pascasarjana. Diera 4.0 pendidikan di Polinela mulai mengedepankan praktik dengan perbandingan 70% Praktikum dan 30% Teori dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya materi kedua oleh Dr. Ir. Beni Hidayat M.Si. selaku Pembantu Direktur II Polinela, mengatakan bahwa selama masa perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyerap ilmu dengan baik sehingga kedepannya dapat menjadi wirausahawan yang sukses karena dalam perkuliahan nanti mahasiswa akan berkunjung ke tempat-tempat usaha yang sudah bekerjasama dengan Polinela. Prodi Ketahanan Pangan ini juga telah merancang kurikulum kampus merdeka, melalui partnership dengan mitra pemerintah, masyarakat dan industri untuk meningkatkan mutu dan relevansi lulusan.

Pemateri ketiga Dr. Irmayani Noer, S.P.,M.Si selaku Ketua Program Studi MTKP menjelaskan terdapat 3 yang perlu diperhatikan dalam ketahanan pangan, yaitu: bagaimana untuk menjaga ketersediaan pangan, prosesi keamanaan pangan, distribusi dan penataan. Beliau juga menyampaikan matakuliah apa saja yang akan ditempuh oleh mahasiswa dan bobot nilai selama perkuliahan.

Polinela-PKKMB-Pascasarjana-S2-Magister-Terapan-Ketahanan-Pangan-202
Penyampaian Materi PKKMB Program Studi MTKP

Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si. memotivasi mahasiswa baru Program Studi MTKP agar dapat mengikuti PKKMB ini dengan baik, mengingat bahwa acara ini merupakan acara penting. Diharapkan mahasiswa Program Studi MTKP dapat lulus tepat waktu dan bersemangat selama masa perkuliahan. Beliau juga mengatakan bahwa Program Studi MTKP didirikan dalam rangka menyiapkan lulusan yang handal dibidang ketahanan pangan. Lampung sebagai lumbung pangan nasional. Sebagai bumi Agribisnis dan Agroindustri membutuhkan SDM bidang ketahanan pngan yang mampu berkontribusi terhadap pembangunan ketahanan pangan daerah dan nasional, oleh karena itu fokus riset bagi mahasiswa adalah kebijakan pangan dan pengembangan pangan hulu dan hilir.

Polinela-PKKMB-Pascasarjana-S2-Magister-Terapan-Ketahanan-Pangan-2022
Sambutan Direktur Polinela

Selanjutnya Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. menjelaskan arah kebijakan pembangunan ketahanan pangan. Saat ini masih dalam pembahasan ketahanan pangan dan juga inovasinya, bagaimana mempertahankan ketahanan pangan, dan juga meningkatkan industri pertanian. Disampaikan juga bahwa terdapat 4 aspek ketahanan pangan yaitu: aspek produksi, aspek stok dan distribusi, aspek keanekaragaman pangan, dan aspek keamanan pangan (Food Safety).

Polinela-PKKMB-Pascasarjana-S2-Magister-Terapan-Ketahanan-Pangan-202
Penyampaian Materi oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung

Rangkaian kegiatan ditutup dengan kunjungan ke laboratorium, Teaching Farming, dan kebun praktik di Polinela yang dipandu oleh Dr. Henry Kurniawan, S.Si., M.Stat. selaku Dosen Program MTKP. Kegiatan praktikum pada Program Studi Ketahanan Pangan selain dilaksanakan di kampus juga dilaksanakan dengan praktik lapang ke industri dan kelompok masyarakat yang terkait erat dengan ketahanan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.