Berita Kegiatan

Sidang Terbuka Senat Dalam Rangka Dies Natalis Ke 38 Dan Wisuda Periode 14 Mei 2022

Polinela, Senin (17/05/2022). Rapat Terbuka Senat merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 Politeknik Negeri Lampung yang jatuh pada tanggal 7 april 2022, acara tersebut seyogyanya dilaksanakan pada tanggal tersebut, namun dikarenakan jatuh pada bulan Suci Ramadhan 1443 H., maka Rapat Senat terbuka dilangsungkan pada tanggal 14 mei 2022. Sidang Terbuka Senat Polinela dibuka oleh Ketua Senat Ir. Zaenal Mutaqin, M.P. dan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) pada hari Sabtu 14/05/2022.

Rangkaian acara pada Rapat Senat Terbuka diantaranya pembacaan sejarah berdirinya Politeknik Negeri Lampung yang disampaikan oleh Dr. drh. Dwi Desmiyeni Putri, selaku Sekretaris Senat, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian 2 materi orasi ilmiah oleh dosen Politeknik Negeri Lampung. Orasi ilmiah yang pertama oleh Dr. Ir. Jaenudin Kartahadimaja, M.P, dengan judul Karya Ilmiah “Merakit Galur Padi Unggul Baru Sebagai Solusi Untuk Mengatasi Terjadinya Stagnasi Produktivitas Suatu Varietas” dan Penyampaian orasi ilmiah kedua oleh Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P. dengan judul Karya Imiah “Potensi Pengembangan Ubi Jalar Oranye Lokal Lampung Sebagai Pangan Fungsional”.

Penyampaian Orasi Oleh Dr. Ir. Jaenudin Kartahadimaja, M.P, dan Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Penyampaian Laporan Kelulusan oleh Pembantu Direktur (Pudir) I bidang Akademik Polinela Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. Dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa Kelulusan pada wisuda periode ini merupakan yang ke 43 (empat puluh tiga) sejak berdirinya Politeknik Negeri Lampung atau yang ke 33 (tiga puluh tiga) kalinya bagi Politeknik Negeri Lampung setelah mandiri sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berada di daerah Lampung.

Dari jumlah sebanyak 234 lulusan Politeknik Negeri Lampung yang telah di Yudisium tersebut, berasal dari 5 Jurusan dan tersebar dalam 6 Program Studi jenjang Sarjana Terapan dan 11 Program Studi jenjang Diploma III. Adapun mahasiswa/i yang akan mengikuti prosesi wisuda berasal dari Program Studi Jurusan Budidaya Tanaman Pangan yaitu Program Studi Produksi Tanaman Pangan (5 orang), Program Studi Hortikultura (1 orang), Program Studi Teknologi Perbenihan (20 orang), Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan yaitu, Program Studi Produksi Tanaman Perkebunan (10 orang), Program Studi Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan (33 orang), Jurusan Teknologi Pertanian dari Program Studi Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan (8 orang), Program Studi Mekanisasi Pertanian (1 orang), Program Studi Teknologi Pangan (3 orang), Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (14 orang). Kemudian, Jurusan Peternakan, yakni Program Studi Produksi Ternak (5orang), Program Studi Budidaya Perikanan (7 orang), Program Studi Teknologi Produksi Ternak (10 orang), kemudian, Jurusan Ekonomi dan Bisnis dari Program Studi Agribisnis (26 orang), Program Studi Akuntansi (23 orang ), Program Studi Manajemen Informatika (34 orang), Program Studi Agribisnis Pangan (16 Orang), Program Studi Akuntansi Perpajakan (18 orang), Program Sarjana Terapan (S1 Terapan) sebanyak 111 orang. Lalu, Program Diploma III (sebanyak 123 orang). Dengan dikukuhkan kelulusan mahasiswa periode 14 Mei 2022 Tahun Akademik 2021/2022, maka Jumlah Lulusan Sarjana Terapan (S1 Terapan) dan Ahli Madya (A.Md) menjadi 10.077 orang.

Dengan melihat kinerja lulusan Tahun Akademik 2021/2022, dilanjutkan dengan Pembantu Direktur (Pudir) I bidang Akademik Polinela Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si menetapkan mahasiswa/I dengan lulusan terbaik bagi Program Sarjana Terapan, Yakni Terbaik Satu diraih oleh Syahdilla Anggiva Akhni R Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri. Jurusan Teknologi Pertanian IPK 3,99, Predikat Kelulusan Dengan Pujian. Lalu Terbaik ke dua diraih oleh Annisa Eka Nirwana (Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Jurusan Teknologi Pertanian, IPK 3,97, Predikat Kelulusan Dengan Pujian) Untuk Terbaik ketiga diraih oleh Fadhila Septianingrum (Program Studi Akuntansi Perpajakan Jurusan Ekonomi dan Bisnis, IPK 3,96, Predikat Kelulusan Dengan Pujian). Sementara lulusan terbaik untuk Program Diploma, lulusan terbaik 1 diraih oleh Putri Dewi Pradasari Program Studi Manajemen Informatika. Jurusan Ekonomi dan Bisnis IPK 3,83. Predikat Kelulusan Dengan Pujian. Lalu, Terbaik kedua diraih oleh Febri Gilang Pratama (Program Studi Manajemen Informatika Jurusan Ekonomi dan Bisnis IPK 3,81 Predikat Kelulusan Dengan Pujian) Kemudian, Terbaik ketiga diraih oleh Okta Dewi (Program Studi Akuntansi, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, IPK 3,79.Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Mahasiswa Terbaik Jenjang Sarjana Terapan Dan Diploma 3

Disela acara, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para Dosen, PLP Teknisi dan Pegawai di lingkungan Politeknik Negeri Lampung yang telah memasuki masa pensiun/purnatugas oleh Direktur didampingi Wakil Direktur II. Adapun Dosen, PLP Teknisi dan Pegawai yang telah pensiun/purnatugas . adalah:
1. Ir. Tutu Petrus Basuki, M.T.A. masa kerja 32 Tahun 6 Bulan,
2. Rubani masa kerja 32 Tahun 8 Bulan,
3. Hifni Zami Sukri, BC. AK. masa kerja 31 Tahun 11 Bulan,
4. Jizra Andria, S.P. masa kerja 32 Tahun 2 Bulan,
5. Sutrisno Wibowo masa kerja 29 Tahun 2 Bulan,
6. Chatarina Ismeini, S.Pd. masa kerja 32 Tahun 4 Bulan,
7. Wawan Kustiawan, S.H. masa kerja 28 Tahun 9 Bulan,
8. Ragat, S.E. masa kerja 32 Tahun 4 Bulan,
9. Ir. Zulfahmi, M.T.A. masa kerja 34 Tahun 11 Bulan,
10. Ir. Mirodi Syofian, M.SI. masa kerja 34 Tahun 1 Bulan,
11. A. Sulasin masa kerja 33 Tahun 1 Bulan,
12. Sumaryatun masa kerja 34 Tahun 4 Bulan.

Penyerahan Sk Purnatugas Dosen, PLP Teknisi dan Pegawai di Politeknik Negeri Lampung

Dalam sambutannya, Direktur Polinela, Dr. Ir. Sarono, M.Si. menyampaikan selamat dan terimakasih kepada para Dosen, PLP Teknisi dan Pegawai yang telah mengabdikan diri di Polinela dengan penuh perjuangan hingga memasuki masa pension. Dalam kesempatan tersebut Direktur juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang telah menitipkan putra putrinya di Polinela. Diakhir sambutanya beliau mengucapkan “Selamat Dies Natalis Polinela yang ke 38”.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan ijazah oleh Direktur Polinela, dan Ketua Jurusan yang dilanjutan dengan performance lagu ‘Condong Pada Mimpi’ oleh salah satu wisudawan Polinela, Pingkan Meilintang yang merupakan pemenang favorit pada lomba cover lagu ‘Condong Pada Mimpi’ yang diselenggaran Dirjen Vokasi. Kegiatan di akhiri dengan pemutaran video ucapan selamat Dies Natalis ke-38 Politeknik Negeri Lampung oleh Alumni dan Pimpinan Politeknik se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.