Berita

Potensi Produksi Bersih dan Diversifikasi Produk, Fokus Disertasi Doktoral Widia Rini Hartari

Polinela, Selasa (21/05/2024). Widia Rini Hartari, S.T.P., M.Si., dosen Politeknik Negeri Lampung (Polinela), telah melangsungkan Ujian Terbuka (Promosi) Program Doktor di bidang Ilmu Pertanian. Kegiatan berlangsung di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung, di mana beliau mempresentasikan disertasi berjudul “Potensi Produksi Bersih dan Eko-efisiensi serta Diversifikasi Produk Pada Industri Minyak Atsiri Pala di Provinsi Lampung”.

Disertasi yang diajukan oleh Widia Rini Hartari menyoroti pentingnya implementasi konsep produksi bersih dan eko-efisiensi dalam industri minyak atsiri pala.

Disertasi yang diajukan oleh Widia Rini Hartari menyoroti pentingnya implementasi konsep produksi bersih dan eko-efisiensi dalam industri minyak atsiri pala. Penelitian ini mengidentifikasi potensi untuk meningkatkan efisiensi produksi serta mengurangi dampak lingkungan melalui metode produksi bersih. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji diversifikasi produk sebagai strategi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing industri minyak atsiri pala di pasar domestik dan internasional.

Ujian terbuka ini dihadiri oleh para akademisi, mahasiswa, dan praktisi industri yang memberikan perhatian besar terhadap penelitian Widia. Para penguji memberikan berbagai masukan dan apresiasi terhadap hasil penelitian yang dinilai memiliki kontribusi nyata bagi pengembangan industri minyak atsiri di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, Widia Rini Hartari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung proses penelitiannya. “Saya berharap hasil penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga bagi para pelaku industri minyak atsiri di Lampung dan sekitarnya,” ungkap Widia.

Widia Rini Hartari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung proses penelitiannya.

Dengan selesainya ujian terbuka ini, Widia Rini Hartari berhasil meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Pertanian. Pencapaian ini menambah deretan akademisi berkualitas yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan sektor pertanian dan industri di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.