Polinela-MoU-Perhiptani-Kabupaten-Pesawaran
Berita

Polinela MoU Dengan Pemda Kabupaten Pesawaran Dan DPW PERHIPTANI Lampung

Polinela, Senin (24/01/2022). Politeknik Negeri Lampung Melaksanakan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) tentang pembinaan kakao dengan Pemda Kabupaten Pesawaran dan DPW PERHIPTANI Lampung. Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) ini pada acara pengukuhan dan pelantikan pengurus Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kabupaten Pesawaran periode 2021-2026 oleh Ir. Sutano, M.M. Selaku Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Lampung dan disaksikan oleh Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona K., S.T., M.Tr.I.P, pada hari Kamis (20/01) bertempat di Balai Dusun VIII Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

Polinela-MoU-Perhiptani-Kabupaten-Pesawaran
Foto Bersama MoU Polinela dengan PERHIPTANI Kabupaten Pesawaran

Kegiatan di hadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung Dr. Ir. Sarono, M.Si., Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona K., S.T., M.Tr.I.P., dan Ir. Sutano, M.M. Selaku Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI), Perhiptani merupakan organisasai profesi yang mewadahi penyuluh pertanian dengan bertujuan untuk mendukung program pemerintah dan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan sistem pertanian yang kuat dan modern.

Diawali sambutan dari Ir Sutano, M.M. Selaku Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI), dalam sambutannya beliau menyampaikan “Salah satu tugas PERHIPTANI adalah membantu pemerintah daerah, supaya masyarakat ini bisa menyelesaikan permasalahan khususnya para pelaku perkebunan, pertanian, peternakan, dengan membantu sarana produksinya, pemasarannya, permodalan, serta memberikan informasi dan teknologi bagaimana caranya bercocok tanam, serta mencari dukungan dan semacam nya” ucapnya. Tugas dari PERHIPTANI yaitu melaksanakan fungsi mediasi dan pendampingan dalam seluruh tahapan kegiatan di bidang usaha pertanian dan himbuan untuk para penyuluh agar selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang merupakan penjabaran dari visi, misi dan program Presiden yang memuat strategi pembangunan Nasional, kebijakan umum, program Kementerian/Lembaga dan lintas Kementerian/Lembaga, kewilayahan dan lintas kewilayahan, serta kerangka ekonomi makro yang mencangkup gambaran perekonomian secara menyeluruh termasuk arah kebijakan fiskal dalam rencana kerja yang berupa kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Di lanjutkan dengan sambutan dari Direktur Polinela menyampaikan “ilmu pertanian adalah bidang yang menjadi fokus di Politeknik Negeri Lampung, Polinela bekerja sama dengan PERHIPTANI dengan Pemprov Lampung dengan bentuk pemberian beasiswa khusus bagi anak petani dan penyuluh petani untuk kuliah di Polinela dan dibiayai oleh Pemprov Lampung, dan harapannya juga selanjutnya DPP Kabupaten Pesawaran juga bisa memberikan kontribusinya kepada PERHIPTANI untuk mendidik anak dari desa yang memiliki kemampuan untuk berkuliah di Polinela, imbuhnya.

Kemudian sambutan dari H. Dendi Ramadhona., S.T., M.Tr.I.P., menyampaikan Polinela bukan hanya bicara mengenai mata kuliah, bukan pula bicara tentang akademisi tapi tentang Best Practice nya yang memiliki keinginan untuk memperhatikan para petani perkebunan, petani tanaman pangan dan pariwisata di Kabupaten Pesawaran, harapannya dengan telah di ditandatanganinya Memorandum Of Understanding (MoU) ini adalah untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di bidang pertanian dan pariwisata di Kabupaten Pesawaran” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.