Polinela-Workshop-D3-Hortikultura-Cover
Berita Kegiatan

Workshop Penyusunan Dokumen Kerjasama dengan Industri Prodi Hortikultura untuk Program Sarjana Terapan

Polinela, Kamis (23/09/2022). Program Studi (Prodi) D3 Hortikultura Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan Workshop Penyusunan Dokumen Kerjasama dengan Industri. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 22-23 September 2022 di Ruang Sidang Utama Polinela. Pada hari pertama kegiatan diisi dengan penyampaian materi & diskusi oleh narasumber mitra dan dihari kedua diadakan pelaksanaan penyusunan Dokumen Kerjasama dengan Industri. Kegiatan dihadiri oleh Pembantu Direktur III Polinela, Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Polinela, Perwakilan Unit Kerjasama, Ketua Program Studi yang ada di Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, dan Dosen Prodi D3 Hortikultura. Kegiatan dipandu oleh Mustika Adzania Lestari, S.P., M.P. selaku dosen Prodi D3 Hortikultura.

Terdapat 5 Industri dalam pelaksanaan workshop ini, yaitu:

Bio-Fungi Kft. Merupakan perusahaan asal Negara Hungaria dengan produk kompos jamur organik bersertifikat. Produksi kompos jamur kancing mulai dari pembuatan bahan baku, prosesi, proses manufaktur, pengemasan, penyimpanan dan transportasi.

Markija Berdaya adalah perusahaan penyalur yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa, alumni, dan profesional muda Indonesia dengan memberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja di Eropa.

PT. Syngenta Indonesia, merupakan perusahaan yang bergerak dalam pemasaran benih, pestisida & penelitian bioteknologi.

PT. East West Seed Indonesia adalah perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia dan menghasilkan benih sayuran berkualitas terbaik melalui kegiatan pemuliaan tanaman yang didukung oleh teknologi yang canggih dan mumpuni untuk meningkatkan pendapatan petani.

PT. Great Giant Food (GGF) adalah entitas merek Gunung Sewu Group untuk lini bisnis pertanian dan manufaktur yang terintegrasi vertikal dalam menanam, memproduksi, mengirimkan buah-buahan segar dan olahan, jus, daging, dan susu. Masing-masing unit bisnis GGF telah dibentuk dengan prinsip pertanian terintegrasi berkelanjutan.

Polinela-Workshop-D3-Hortikultura-
Penyampaian Materi oleh 5 Industri

Ketua Tim Task Force Transformasi Prodi D3 Hortikultura sekaligus Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Desi Maulida, S.P., M.Si., menyampaikan bahwa Workshop Penyusunan Dokumen Kerjasama dengan Industri merupakan rangkaian kegiatan dari Program Competitive Fund 2022 Skema A. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu adanya kolaborasi atau kerjasama dengan pihak industri terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Selain itu Prodi D3 Hortikultura juga meminta saran dan masukan untuk mahasiswa terkait kompetensi apa yang dibutuhkan yang diperlukan di dunia industri.

Polinela-Workshop-D3-Hortikultura
Sambutan dari Ketua Tim Task Force Transformasi Prodi D3 Hortikultura sekaligus Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan

Acara dibuka oleh Pembantu Direktur III Polinela, Agung Adi Candra, S.KH., M.Si., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan kontribusi pada penguatan Program Studi dalam meningkatkan kapasitas dan jenjang dibidang Pertanian terkhusus dibidang Hortikultura. Kemudian dalam rangka menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan Industri, maka diperlukan persiapan kurikulum yang dirancang bersama-sama. Salah satunya dengan diskusi dengan mitra DUDI, oleh karena itu kegiatan ini diharapkan sangat membantu Prodi untuk membentuk Lulusan yang memiliki kompetensi yang tepat.

Polinela-Workshop-D3-Hortikultura-3
Sambutan Pembantu Direktur III Polinela

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi oleh 5 Pelaku Industri.

Polinela-Workshop-D3-Hortikultura
Foto Bersama Workshop Penyusunan Dokumen Kerjasama dengan Industri Prodi Hortikultura

Pada hari kedua terdapat pemaparan materi oleh Dindin Sulaeman, Masch.Ing.HTL., MAB. selaku Reviewer Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Beliau memberikan materi mengenai dokumen penyusuan kerjasama antara pendidikan tinggi vokasi dengan Industri/Dunia Kerja, kolaborasi dengan pemerintah. Kebutuhan PTV dengan dunia kerja adalah sebagai tempat untuk kebutuhan magang mahasiswa, dosen dan penyerapan sumberdaya manusia.

Polinela-Workshop-D3-Hortikultura
Foto bersama dengan pemateri dihari kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *