Kegiatan

Polinela Gelar Lokakarya Kurikulum untuk Program Studi Agribisnis Pangan Menuju Emas 2045

Polinela, Senin (13/05/2024). Program Studi Agribisnis Pangan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar Lokakarya Kurikulum bertema “Peningkatan Kualitas Kurikulum Program Studi Agribisnis Pangan Menuju Polinela Emas 2045″ Dalam Program Competitive Fund Vokasi 2024”. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya Polinela untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing lulusan dalam rangka menyongsong masa depan yang lebih gemilang.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Koordinator Program Studi Agribisnis Pangan, Dayang Berliana, S.P., M.Si. Beliau menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.

Koordinator Program Studi Agribisnis Pangan, Dayang Berliana, S.P., M.Si. menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Polinela yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Akademik, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. Dalam sambutannya, Dwi Puji Hartono menyatakan bahwa lokakarya ini merupakan langkah strategis dalam penyempurnaan kurikulum. “Kami berharap melalui lokakarya ini, kurikulum yang dihasilkan dapat mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.

Wakil Direktur Bidang Akademik, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. menyatakan bahwa lokakarya ini merupakan langkah strategis dalam penyempurnaan kurikulum.

Lokakarya ini menghadirkan beberapa narasumber ahli di bidangnya. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA, dosen dari Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Tim Kurikulum DIKSI, yang membahas model penyusunan dan penyempurnaan kurikulum pendidikan tinggi vokasi sesuai dengan Permendikbudristek No. 53/2023. Beliau menekankan pentingnya kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perubahan teknologi dan kebutuhan industri.

Materi kedua mengenai tinjauan akreditasi internasional Program Studi Agribisnis dipaparkan oleh Dr. Novi Rosanti, S.P., M.P., Koordinator PS Agribisnis FP Unila. Dalam paparannya, Dr. Novi menjelaskan langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan untuk mencapai akreditasi internasional serta manfaat yang akan diperoleh jika akreditasi tersebut tercapai.

Materi ketiga disampaikan oleh Naning Retnowati, S.T.P., M.P., Koordinator Program Studi Manajemen Agroindustri Politeknik Negeri Jember, yang membahas kurikulum Program Studi Agribisnis Pangan menuju akreditasi unggul. Beliau menyoroti pentingnya kolaborasi antara akademisi dan industri dalam menyusun kurikulum yang relevan dan berkualitas.

Sesi terakhir diisi oleh perwakilan dari PT. Great Giant Pineapple, Plantation Group 4 yang membahas kualifikasi dan kompetensi lulusan dalam pengelolaan ekspor. Materi ini memberikan wawasan kepada para peserta tentang kompetensi yang harus dimiliki lulusan agar dapat bersaing di pasar global.

Lokakarya ini menghadirkan beberapa narasumber ahli di bidangnya

Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi kurikulum Agribisnis Pangan yang dipimpin oleh Koordinator Program Studi Agribisnis Pangan. Seluruh dosen dari Program Studi Agribisnis Pangan ikut berpartisipasi dalam perumusan kurikulum baru. Diskusi ini berlangsung interaktif dan produktif, dengan berbagai masukan konstruktif yang diharapkan dapat menghasilkan kurikulum yang lebih baik dan relevan.

Dengan berakhirnya lokakarya ini, diharapkan Polinela dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. Lokakarya ini juga menjadi salah satu langkah nyata dalam mewujudkan visi Polinela Emas 2045.

Leave a Reply