Polinela_Penandatangan MoU Polinela dan Hebitren
Kegiatan

Penandatanganan Mou Antara Polinela Dan Hebitren (Koperasi Sekunder Serikat Bisnis Pesantren Lampung Skd.) Dibidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Pelatihan Dan Pengembangan SDM Pondok Pesantren

Polinela, Kamis (30/09/2021). Selasa 29 September 2021 tepatnya di Hotel Amalia Bandar Lampung, telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Politeknik Negeri Lampung dengan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pondok Pesantren Lampung dibidang kerjasama Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam, memiliki peran sosial yang dapat dijadikan model percontohan dalam kehidupan masyarakat. Sumber daya yang dimiliki pondok pesantren merupakan modal sosial yang sangat kuat untuk mengemban perannya sebagai lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab untuk membentuk masyarakat madani. Melalui seperangkat sumber daya yang dimilikinya, maka pondok pesantren pada dasarnya mempunyai potensi yang sangat besar dalam mengembangkan perannya sebagai pemberdayaan (enpowerment) dan transformasi masyarakat secara efekif.

Langkah penguatan sumber daya manusia (SDM) di pondok pesantren mulai dilaksanakan melalui program Kemandirian Ekonomi Pesantren yang telah dilaksanakan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Pusat Inkubator Bisnis Polinela. Penguatan kelembagaan ekonomi pesantren menjadi unit bisnis ekonomi telah dilaksanakan melalui pembentukkan koperasi primer bagi pesantren yang belum memiliki koperasi dan pengaktifkan kembali/perubahan anggaran dasar koperasi primer bagi pesantren yang telah memiliki koperasi primer namun tidak aktif.

Selanjutnya, langkah penguatan SDM atau Capacity building yang dijalankan sebagai upaya memperkuat kapasitas individu, kelompok atau organisasi pondok pesantren memerluakan payung hukum yang lebih luas. Untuk itu Polinela hadir untuk memperkuat kerjasama melalui Nota Kesepahaman (MoU) dengan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pondok Pesanten (Hebitren) dan Kopeasi Sekunder Serikat Bisnis Pesantren Lampung Skd. Koperasi Sekunder merupakan holding bisnis dari koperasi primer yang berada di setiap Pondok Pesantren untuk bersama mengembangan bisnis yang terintegrasi.

Polinela_Penandatangan MoU Polinela dan Hebitren
Penandatangan MoU Polinela dan Hebitren (Koperasi Sekunder Serikat Bisnis Pesantren Lampung Skd.)

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Bapak Yura A. Djalins sebagai penananggung jawab program kemandirian ekonomi pesantren, serta Rektor UIN Raden Intan Lampung yang juga melakukan penandatangan kerjasama dengan Hebitren Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *