Berita Kegiatan Mahasiswa

Lulusan TRKJJ Polinela berpeluang kerja di BUMN Karya

Polinela, Jum’at (16/09/2022). Sebanyak 24 dari 32 mahasiswa semester VII Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) Politeknik Negeri Lampung mendapatkan kesempatan magang di Perusahaan BUMN Karya dan Swasta Nasional melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan.

Melalui MSIB, 1 orang mahasiswa Program Studi TRKJJ melaksanakan magang di P.T. Berau Coal (Persero) Tbk. Sedangkan 23 mahasiswa TRKJJ melaksanakan magang di BUMN Karya meliputi : 4 mahasiswa di P.T. Adhi Karya (Persero) Tbk., 3 mahasiswa di P.T. Wijaya Karya (Persero) Tbk., 2 mahasiswa di P.T. Waskita Karya (Persero) Tbk., 4 mahasiswa di P.T. Jasamarga (Persero) Tbk., 7 mahasiswa di P.T. Hutama Karya Infrastruktur, dan 3 mahasiswa di P.T. Waskita Sriwijaya Tol. Lokasi magang tersebut di atas tersebar di Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

Lokasi Magang

Lokasi magang yang berada di Provinsi Lampung, dilaksanakan oleh 8 mahasiswa di 2 lokasi berbeda yakni 3 mahasiswa di Asphalt Mixing Plant (AMP) P.T. Bima Sakti Bakti Persada dan 5 mahasiswa di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lampung Barat. Magang industri mahasiswa TRKJJ Polinela dilaksanakan pada September 2022 s/d Januari 2023.

Salah satu dosen TRKJJ, Iskandar Zulkarnain, S.T., M.T. mengungkapkan, “Saya dan tentu Program Studi TRKJJ bersyukur dapat mendorong mahasiswa untuk berkompetisi mendapatkan tempat magang yang baik. Dengan magang di BUMN Karya tentunya terbuka peluang untuk menunjukkan kompetensi yang dipelajari saat kuliah. Jika industri konstruksi melihat kesesuaian kompetensi mahasiswa yang magang dengan kebutuhan perusahaan tentu akan terbuka peluang bagi mahasiswa untuk bergabung di BUMN setelah lulus, bahkan setelah magang”.

Kelik Istanto, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi TRKJJ menambahkan, “Jika waktu magang telah selesai dan perusahaan merekrut mahasiswa untuk bergabung di perusahaan tersebut, Program Studi TRKJJ telah menyepakati akan memfasilitasi penyelesaian Tugas Akhir (TA) secara daring sehingga peluang kerja bagi mahasiswa tidak hilang. Karena inti dari proses pendidikan di Perguruan Tinggi Vokasi, dalam hal ini Program Studi TRKJJ,  adalah mendidik dan mengantarkan peserta didik mendapatkan pekerjaan dan atau berwirausaha di bidang konstruksi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *