Kunjungan Lapang (Fieldtrip) S2 MTKP 27 Mei 2021
Berita Mahasiswa

Mahasiswa Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela Melakukan Kunjungan Ke Perusahaan Ayam Petelur Farm Sekuntum Herbals

Polinela, Rabu (02/06/2021). Untuk ke sekian kalinya mahasiswa Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela melaksanakan kunjungan industri atau praktik lapang. Kunjungan industri merupakan bagian integral dari pelaksanaan perkuliahan dalam kurikulum Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan. Kunjungan industri dirancang untuk meningkatkan link and match antara pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Kegiatan ini juga sangat sejalan dengan program unggulan Kemendikbud yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021, 16 mahasiswa didampingi oleh 4 dosen pengajar pada Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan Dr. Ir. Ni Siluh Putu Nuryanti, M.P., Dr. Nurhayati, S.Pt., M.P., dan Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D., didamping Ketua Pengelola Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela Dr. Irmayan Noer, S.P., M.Si., melakukan kunjungan sehari ke perusahaan Ayam Petelur Farm Sekuntum Herbals, di Way Bungur Kabupaten Lampung Timur. Perusahaan agribisnis ini khusus memproduksi telur ayam herbal. Telur ayam herbal adalah telur ayam yang dihasilkan oleh ayam ras petelur, yang teknik budidayanya menggunakan produk-produk herbal sebagai pengganti antibiotik. Ramuan produk herbal (berupa campuran beberapa jenis tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan) digunakan dengan mencampurkannya ke dalam pakan dan air minum ayam.

Rombongan praktik lapang mahasiswa Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela mendapat sambutan yang sangat baik dari pihak perusahaan. Dalam sambutannya, Direktur Farm Sekuntum Herbals Bapak Waluyo menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi perusahaan mendapatkan kunjungan dalam rangka praktik lapang dari mahasiswa dan dosen Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela. Kunjungan ini diharapkan dapat membantu memperluas edukasi kepada masyarakat tentang pangan sehat. Selain memperoleh penjelasan mengenai sejumlah kegiatan sehari-hari di perusahaan, mahasiswa juga mendapat kesempatan berdiskusi dengan pimpinan dan staf perusahaan. Secara umum, praktik budidaya dan proses produksi di perusahaan ini sudah berjalan sangat baik, ditinjau dari aspek manajemen SDM, manajemen produksi, pengendalian mutu produk, biosekuriti, kesejahteraan hewan, kesehatan lingkungan, pemasaran hasil, dll.

Kegiatan kunjungan industri kali ini terkait dengan pelaksanaan praktik 3 mata kuliah penting, yaitu: Ketahanan Pangan dan Gizi; Sistem Pertanian Organik; dan Sistem Logistik Pangan. Banyak pengetahuan dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan ini, antara lain: masih ada peluang besar untuk terus meningkatkan produksi telur nasional dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan khususnya protein hewani; budidaya pertanian organik sudah mulai berkembang di masyarakat, salah satunya produksi telur herbal yang dikenal sebagai telur ayam sehat; sistem pengadaan bahan baku pakan sudah terintegrasi dengan baik; sistem distribusi produk telur herbal ini ternyata sudah sangat efisien yang tercermin dari pendeknya rantai pasok (produsen – reseller – konsumen), prinsip logistik Farm Sekuntum Herbals adalah bagaimana proses produksi dan distribusi dapat menyampaikan produk telur sehat aman sampai ke meja makan.

Kunjungan industri mahasiswa Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela kali ini sangat memuaskan. Tujuan kunjungan tercapai dengan sangat baik. Mahasiswa, dosen, dan pimpinan perusahaan sangat puas dan merasakan manfaat besar dari hasil pertemuan yang sangat interaktif. Diharapkan Polinela segera menggagas bentuk kerjasama yang lebih resmi dengan perusahaan Ayam Petelur Farm Sekuntum Herbals, yang dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *