Berita Kegiatan

Kuliah Umum dan Penandatangan MoU Program Studi D3 Teknologi Pangan dan D2 Fastrack Pengolahan Patiseri

Polinela, Selasa (05/09/2022). Program Studi Teknologi Pangan Politeknik Negeri Lampung mengadakan kuliah umum menyambut Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023 dengan tema “Membangkitkan dan Menumbuhkembangkan Enterpreneur Generasi Z di Era Society 5.0 Menuju Wirausaha Cerdas” dan penandatangan MoU dengan Yussy Akmal Bakery, bertempat di Gedung Serba Guna Politeknik Negeri Lampung.

Dalam sambutannnya, Pembantu Direktur I, Dwi Puji Hartono, S.Pi, M Si., menyampaikan “Kita bisa melihat bahwa perubahan dunia ini semakin lama semakin cepat terutama dengan adanya pandemi yang kita rasakan sejak tahun 2020, kondisi ini tentu saja memaksa kita sebagai lembaga pendidikan harus lebih aktif untuk bisa lebih fleksibel menyikapi perkembangan-perkembangan yang ada di masyarakat terutama di lingkungan industri,  kita harus lebih fleksibel menyikapi kemajuan-kemajuan teknologi yang ada di industri sehingga proses kemajuan di industri ini bisa beriringan dengan kita. Perguruan tinggi wajib berkolaborasi dengan industri untuk menangkap permasalahan-permasalahan apa, perkembangan apa yang ada di industri, sehingga perguruan tinggi bisa menjadikan permasalahan perkembangan ini menjadi satu konten pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa”.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi D3 Teknologi Pangan Dwi Eva Nirmagustina, Ph.D., beliau menyampaikan “Kegiatan ini adalah kegiatan Kuliah Umum untuk masuk Semester Ganjil Tahun Akademi 2022-2023. Jadi kegiatan ini adalah merupakan salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan pada masa-masa pandemi tahun 2020-2021. Setiap awal perkuliahan itu kita lakukan juga kuliah seperti ini tetapi secara online, alhamdulillah saat ini kita sudah bisa melakukan secara offline dan bisa mendatangkan mahasiswa baru Program Studi Teknologi  berkompeten. Kegiatan ini kita angkat terkait dengan kewirausahaan karena salah satu profil dari program studi D3 Teknologi Pangan dan D2 Fastrack Pengolahan Patiseri ini adalah menjadi Entrepreneur, menjadi Entrepreneur itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Nah pada kesempatan ini diharapkan mampu membentuk  karakter-karakter apa yang harus dimiliki ketika kita menjadi seorang Entrepreneur.”

Disela kegiatan terdapat penandatangan MoU antara Politeknik Negeri Lampung dengan Yussy Akmal Bakery yang merupakan industri roti dan kue. Tujuan dari di laksanakannya kerja sama ini adalah untuk terbangunnya kesinambungan di bidang pendidikan, pelatihan, dan penelitian. Adapun ruang lingkup dalam kerjasama ini adalah penyusunan dan pengembangan kurikulum, peningkatan kerjasama dibidang pengembangan sumber daya manusia, pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, program Praktik Kerja Lapang, program rekrutmen tenaga kerja bagi alumni dan peningkatan kerjasama di bidang lain.

penandatangan MoU antara Politeknik Negeri Lampung dengan Yussy Akmal Bakery

Pemateri pertama pada kegiatan kuliah umum tersebut disampaikan oleh Yussy Asih Faurini, S.H.,  selaku Owner dari Yussy Akmal Bakery dengan tema materi mengenai Membangkitkan jiwa enterpreneur generasi Z di era society 5.0. , beliau berbagi pengalaman tentang perjalanannya dalam mengelola usaha bakeri dengan nama “ Yussy Akmal Bakery” . Sejak awal berdiri,  Yussy Akmal bermimpi untuk menciptakan produk khas Lampung yang otentik dan original serta menjadi kebanggan masyarakat Lampung. Mimpi dan harapan kini sudah terbukti, bahwa Yussy Akmal begitu dikenal oleh masyarakat Lampung.

Pemateri Satu Oleh Yussy Asih Faurini, S.H.

Dilanjutkan dengan materi kedua  oleh Ivan Wiliyanto dari Madu Suhita, dalam kuliah umum tersebut beliau  memberikan materi dengan tema “Menjadi Wirausaha Cerdas dengan berbagai Aspek Legalnya”. Dalam paparanya, beliau menyampaikan tentang kiat sukses menjadi seorang wirausaha. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara pemateri dengan para mahasiswa dari Program Studi D3 Teknologi Pangan semester 1, 3, 5, dan 7 dan mahasiswa semester 1 Program Studi D2 Fast Track Pengolahan Patiseri. (MF)

Pemateri 2 Ivan Wiliyanto dari Madu Suhita
Foto Bersama Dengan Para Dosen Politeknik Negeri Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.