Polinela - MoU PT Habibi Digital Nusantara
Kegiatan

Implementasi Teknologi di Bidang Pertanian, Polinela Kerjasama dengan PT. Habibi Digital Nusantara

Polinela, Selasa (19/10/2021). Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melaksanakan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan PT. Habibi Digital Nusantara bertempat di Ruang Direktur Polinela.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si. sedangkan dari pihak PT. Habibi Digital Nusantara oleh Irsan Rajamin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Tujuan diadakannya MoU ini adalah untuk melaksanakan kegiatan “Smart Farming atau Precision Farming Berbasis IoT di Lahan Penelitian dan Produksi Benih Hortikultura Tropika Seed Teaching Farm (STEFA)” Prodi D4 Teknologi Perbenihan, dengan ruang lingkup:

a. pengadaan Internet of Things (IoT) Smart Farming di kelompok tani Provinsi Lampung dan Lahan Seed Teaching Farm Polinela sebagai tempat penelitian tentang teknologi budidaya dan produksi benih unggul atau smart agriculture;

b. pengembangan dan pengelolaan laboratorium IoT Smart Farming di lahan STEFA Polinela untuk kemajuan sistem Smart Farming PT. Habibi Digital Nusantara (Habibi Garden);

c. penukaran data dan atau informasi tentang hasil teknik bercocok tanam yang cerdas/smart farming;

d. pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki keduabelah pihak berupa sarana, prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM) dan anggaran.

Polinela - MoU PT Habibi Digital Nusantara
Foto Bersama Polinela dan PT. Habibi Digital Nusantara

Perlu diketahui bahwa PT. Habibi Digital Nusantara merupakan perusahaan di bidang teknologi pertanian dengan memanfaatkan layanan IoT dan sensor realtime. perangkat pertanian presisi memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan tanaman pengguna tersebut. Hal ini dapat memberi makan tanaman tepat dengan jumlah yang tepat dari dosis berdasarkan data realtime lingkungan tanah yang diambil. Pengguna dapat memantau kondisi tanaman di mana saja kapan saja langsung dari smartphone. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mengurangi kemungkinan kegagalan panen. Layanan IoT yang digunakan PT. Habibi Digital Nusantara memanfaatkan sensor realtime terhadap intensitas cahaya, suhu, kelembaban, dan tanaman nutrisi. Perangkat ini mengumpulkan informasi dan mengolahnya sehingga mereka dapat memberitahu petani dan menunjukkan beberapa informasi yang berguna tentang tanaman.

Diharapkan dengan adanya MoU ini dapat meningkatkan kerjasama dan dapat memberikan manfaat bagi pihak Polinela dan PT. Habibi Digital Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *