Expo-Smart-And-Precision-Farming-dan-Penandatanganan-MoU
Berita

Expo Smart And Precision Farming Politeknik Negeri Lampung Dan Penandatanganan Kerjasama Dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung-DUDIKA

Polinela, Rabu (1/12/2021). Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan kegiatan Expo Smart and Precision Farming dan penandatangan dengan Dinas Pertanian Kabupaten/kota se Provinsi Lampung. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota seProvinsi Lampung, Rektor Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc, Perwakilan PT. Habibi Digital Nusantara dan Kepala Bidang Pendidikan PT. Charoen Pokphand Foundation Indonesia.

Kegiatan Expo Smart And Precision Farming dibuka oleh Direktur Polinela, Dr. Ir. Sarono, M.Si., yang dalam sambutnya berharap agar petani di Lampung dapat menerapkan smart and precision farming sehingga akan menumbuhkan petani-petani muda.

Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Seed Teaching Farm, memberikan penjelasan mengenai Smart and Precision Farming. Konsep pembangunan pertanian yang berkembang saat ini adalah konsep pertanian cerdas atau pertanian presisi. Penemuan sistem pemantauan lahan pertanian berbasis teknologi Internet of Things (IoT) memungkinkan petani memantau lahan pertaniannya melalui smartphone atau komputer. Selain itu, perkembangan teknologi terkini dalam penanganan big data juga memungkinkan penyimpanan data dari lahan pertanian. Tentunya masih banyak teknologi lain yang berpeluang untuk diterapkan pada lahan pertanian dalam upaya meningkatkan hasil panen dan meningkatkan efisiensi sumber daya. Acara dilanjutkan dengan memetik semangka Hybrida Polinela karya Seed Teaching Farm (STeFa) .

Expo-Smart-And-Precision-Farming-dan-Penandatanganan-MoU
Foto Bersama Acara Expo Smart And Precision Farming Polinela Dan Penandatanganan Kerjasama Dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung-DUDIKA

Kegiatan dilanjutkan di Ruang Sidang Utama Polinela untuk melakukan penandatanganan MoU dan PKS. Terdapat 2 MoU dan 7 PKS yaitu :
Memorandum of Understanding :
1. Charoen Pokphand Foundation Indonesia
2. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Perjanjian Kerjasama :
1. Charoen Pokphand Foundation Indonesia
2. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
3. Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu
4. Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Barat
5. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Way Kanan
6. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Barat
7. Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *