WEEKEND PRODUCTIVE (Series 2)
Kegiatan

Weekend Productive (Series 2) – D3 Teknologi Pangan Polinela

Polinela, Selasa (20/04/2021). Program Studi D3 Teknologi Pangan pada hari Sabtu, Tanggal 17 April 2021 telah melaksanakan kegiatan “Weekend Productive (Series 2) ” melalui aplikasi Zoom Meeting. Peserta yang hadir berasal dari 5 komponen, yaitu mahasiswa aktif (angkatan 2018, 2019, dan 2020), alumni, siswa SMA/SMK/MA dan masyarakat umum, serta para Dosen D3 Teknologi Pangan.

Tema yang diusung adalah “Teknologi Pangan untuk Masa Depan yang Lebih Cerah”. Tema ini secara khusus diambil untuk memberikan wawasan kepada semua peserta webinar terutama mahasiswa aktif dan calon mahasiswa bahwa Teknologi Pangan adalah program studi yang bisa menjadi pijakan untuk berkarir, karena terbuka luas bidang pekerjaan yang dapat digeluti.

Webinar dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung, Dr. Ir. Sarono, M.Si, sekaligus memberikan sambutan. Webinar kali ini terdiri dari 3 orang pemateri. Pemateri pertama adalah Ketua Program Studi Teknologi Pangan, Dwi Eva Nirmagustina, Ph.D. Beliau menyampaikan materi “Sekilas Teknologi Pangan”. Dalam pemaparannya beliau menyatakan bahwa Food Technologist merupakan salah satu profesi maskulin yang bisa digeluti oleh pria maupun wanita. Food Technologist merupakan salah satu profesi diantara profesi-profesi abad Milenium yang sangat dibutuhkan oleh industri pangan

Pemateri kedua adalah Riza Iryana, ST. Beliau adalah alumni Program Studi Teknologi Pangan angkatan masuk tahun 1998. Beliau mempunyai banyak pengalaman kerja pada bidang industri pangan baik di dalam maupun luar Prop. Lampung. Saat ini beliau bekerja di PT. Raja Roti Cemerlang sebagai Operations Manager. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Peluang Karir sebagai Food Technologist”. Beliau menyatakan bahwa lulusan Program Studi Teknologi Pangan dapat bekerja di indutstri makanan dan minuman, Dinas Pertanian, Lembaga Pemerintah (BPOM, LPPOM MUI), dan jasa (Badan Sertifikasi, Consultan, dll), dan sebagai wirausaha. Selanjutnya beliau menyatakan bahwa lulusan Program Studi Teknologi Pangan bisa berkarir sebagai Reseach and Development/Product Development, Laboran/Analist/Sensory, Nutritionist, Consultan, Quality Assurance/Quality Control, Formulator, Production Manager, Auditor (CB/BPOM/LPPOM MUI), Regulator, Food Safety & Higiene Manager.

Pemateri ketiga adalah Esieka Putri Octavita, A.Md. Beliau adalah alumni Program Studi Teknologi Pangan angkatan masuk tahun 2010. Sama halnya dengan pemateri pertama, pemateri ini juga mempunyai banyak pengalaman kerja di berbagai biddang industri pangan baik di luar maupun di dalam Prop. Lampung. Saat ini beliau bekerja sebagai Product Development dan Quality Assurance Control Manager di PT. Malleso Investama Abadi. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Soft Skill & Hard Skill Food Technologist”. Sebagai seorang Food Techologist lulusan Program Studi Teknologi Pangan harus memiliki kemampuan dan karakter dalam Communication, Courtesy, Problem Solving, Team Work, Professionalsm, dan Leadership. Beliau juga menyatakan bahwa soft skill dapat diperoleh dari interaksi, pelatihan, seminar, dan learning by doing.

WEEKEND PRODUCTIVE (Series 2)
Webinar Weekend Productive (Series 2)

Kegiatan Weekend Productive (Series 2) berlangsung kurang lebih 3 jam (15.30 – 17.30 WIB). Para peserta cukup antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri. Cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kepada para pemateri. Kegiatan Weekend Productive diakhiri dengan pemberian sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada ketiga pemateri yang telah memberikan ilmu dan meluangkan waktu disela-sela kesibukan kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *