Berita Kegiatan

UPPM Polinela Adakan Seminar Nasional Penerapan IPTEKS

POLINELA, Jum’at (18/11/2022). Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar Seminar Nasional (Semnas) Penerapan IPTEKS. Mengusung tema ‘IPTEK Terapan Bagi Masyarakat’, seminar dihadiri oleh 156 participant, 45 presenter yang terbagi menjadi 2 room presentasi. Kegiatan  dilaksanakan di Hotel SwissBell Lampung, pada Selasa 15 Nopember 2022.

Semnas bertujuan meningkatkan peran dosen dan peneliti dalam pengembangan teknologi dibidang agroindustri berbasis sumberdaya lokal. Selain itu, dalam penerapannya diharapkan dosen dan peneliti mampu menyebarluaskan dan menerapkan hasil-hasil penelitian Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, Lembaga Swadaya Masyarakat, industri dan instansi pemerintah. Hasil penelitian yang diterapkan untuk bersinergi dan  mendukung dalam pengembangan agroindustri berkelanjutan.

Semnas bertujuan meningkatkan peran dosen dan peneliti dalam pengembangan teknologi dibidang agroindustri

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Ketua UPPM Polinela Dr. Ir. Yana Sukaryana, M.P. mengatakan, bahwa  dengan diadakannya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai  ajang bagi para dosen maupun sivitias akademika dalam mempublikasikan hasil riset terapannya.

“Kami berharap Semnas ini dapat menjadi ajang diskusi dan kolaborasi terkait topik hasil riset terapan terkini yang telah diseminasikan kepada masyarakat luas,” ucap Dr. Yana.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Ketua UPPM Polinela Dr. Ir. Yana Sukaryana, M.P.

Semnas Penerapan IPTEKS menghadirkan Ketua FLipMAS Provinsi Lampung dan Ketua FLipMAS Indonesia sebagi narasumber. FLipMAS (Forum Layanan IPTEKS Bagi Masyarakat) adalah sebuah wadah untuk menghimpun dan menggerakkan kemahiran profesional pelaksana pengabdian kepada masyarakat Perguruan Tinggi dalam mengaktualisasikan peradaban masyarakat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Narasumber pertama pertama Ir. Bambang Utoyo, M.P.,  selain sebagai Dosen Jurusan Perkebunan Polinela dan Reviewer Nasional Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Beliau juga menjabat  Ketua FLipMAS Provinsi Lampung, adapun materi yang disampaikan  tentang ‘Transfer IPTEKS Berkelanjutan Bagi Masyarakat’.

Narasumber pertama pertama Ir. Bambang Utoyo, M.P.

Pemateri kedua yaitu Prof. Dr. rer, nat. apt. Sundani Nurono Soewandhi selaku dosen Sekolah Farmasi ITB dan juga Ketua FLipMAS Indonesia. Dia memberikan materi mengenai ‘Layanan IPTEK bagi Masyarakat’. Dalam materinya dia menerangkan hal yang paling utama dalam pengabdian masyarakat, yaitu memahami makna dan fungsi dari pengabdian masyarakat dalam  pengimplementasinya agar terjalin dengan baik. (***)

Pemateri kedua yaitu Prof. Dr. rer, nat. apt. Sundani Nurono Soewandhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *