Ratna Dewi Tambah jumlah Doktor di Politeknik Negeri Lampung
Berita

Ratna Dewi Tambah Jumlah Doktor di Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Sabtu (14/08/2021). Dosen Program Studi Teknologi Perbenihan Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) meraih gelar Doktor dalam Ilmu Pertanian pada hari Rabu 12/08/2021 di Universitas Lampung.

Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P. meraih gelar Doktor dengan judul Disertasi “Karakterisasi Morfologi, Heritabilitas dan Konsistensi β-karoten Ubi Jalar Lokal Lampung”. Judul tersebut dipilih karena sampai saat ini belum ada koleksi plasma nutfah dan deskripsi ubi jalar lokal Lampung, serta belum di ketahui berapa kandungan β-karoten dan potensi hasil ubi jalar orange lokal Lampung di dataran rendah maupun dataran tinggi Lampung sehingga perlu dilakukan koleksi dan karakterirasi dari varietas ubi jalar lokal Lampung dan perlu dilakukan analisis kandungan β-karoten dan hasil ubi jalar orange lokal Lampung pada lokasi dataran rendah dan dataran tinggi serta pada umur panen yang berbeda.

“Pertama dan yang utama, puji dan syukur atas rahmad dan hidayah, petunjuk, perlindungan, rezeki dan kesehatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada saya. Untuk mencapai keberhasilan apapun itu, harus di tempuh dengan ulet, kuat, tahan cobaan dan senantiasa berdoa. Dukungan keluarga dan orang2 terdekat amat sangat dibutuhkan dalam proses penyelesaian pendidikan S3 ini.,” tuturnya.

Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P. ingin memperkenalkan ke masyarakat luas, terutama kepada petani Lampung bahwa hasil atau temuan dari disertasi ini varietas lokal Lampung (LPG -01) konsisten memiliki kandungan β-karoten dan hasil tinggi pada umur panen 3 bulan dan 4 bulan, di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Varietas ubi jalar lokal Lampung (LPG- 01) baik untuk kesehatan mata dan untuk kekebalan tubuh, sehingga diharapkan petani mau menanam ubi jalar oranye lokal Lampung LPG-01untuk mencukupi kebutuhan vitamin A maupun untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan demikian ia berharap adanya kerjasama antar pemerintah, petani dan perusahaan, agar hasil ubi jalar yang ditanam oleh petani memiliki hasil yang tinggi dan memiliki pangsa pasar yang jelas, sehingga petani tidak merugi serta dapat meningkatkan pendapatan petani ubi jalar.

Tak lupa, Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P.juga memberikan motivasi dan semangat untuk Dosen muda Polinela. Menempuh S3 diusia tidak muda lagi bukannya tidak mungkin berhasil tetapi lebih banyak kendala yang dihadapi, sehingga ia mengajak dosen-dosen muda untuk melanjutkan pendidikan agar karir dapat terus meningkat. Menurutnya lulusan Doktor dan Professor sangat dibutuhkan untuk memajukan Pendidikan di Polinela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *