Polinela Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Inspektor Pertanian Organik Tanaman
Berita Kegiatan

Polinela Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Inspektor Pertanian Organik Tanaman

Polinela, Jum’at (17/09/2021). Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melalui Program Studi Produksi Tanaman Pangan (Prodi PTP) kembali mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Skema Inspektor Pertanian Organik Tanaman. Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi dilaksanakan berkerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Agribisnis Ambissi Bogor.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Skema Inspektor Pertanian Organik Tanaman tersebut diikuti oleh 8 dosen Program Studi Produksi Tanaman Pangan (Prodi PTP) dan 2 dosen Program Studi Teknologi Perbenihan Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Politeknik Negeri Lampung.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 7 hari: 13-19 September 2021. Rangkaian kegiatannya meliputi pelatihan berupa teori dan praktik langsung melakukan inspeksi ke lahan pertanian organik, dilanjutkan dengan uji sertifikasi kompetensi Inspektor Pertanian Organik Tanaman. Selama pelaksanaan kegiatan peserta dan narasumber tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus Ketua Program Studi Produksi Tanaman Pangan Dr. Dulbari, S.P., M.Si., menjelaskan, kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumner daya manusia (SDM) Perguruan Tinggi Vokasi sesuai dengan Program Ditjen Pendidikan Vokasi KEMENDIKBUD-RISTEK tahun 2021. Selain itu juga, diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas dan kompetensi lulusan perguruan tinggi vokasi agar siap berwirausaha maupun memasuki pasar kerja sesuai dengan perkembangan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) khususnya pada bidang pertanian organik bagi mahasiswa Program Studi Produksi Tanaman Pangan.

Dulbari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dirjen Pendidikan Vokasi yang telah memfasilitasi dan kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Direktur Politeknik Negeri Lampung, Dr. Ir. Sarono, M.Si., beserta jajarannya, Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Ir. Hery Sutrisno, M.P., dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan atas terselenggaranya kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini. Semoga, setelah dilaksanakannya kegiatan ini, SDM kita semakin unggul,” pungkasnya.

 

*Artikel telah dirilis pada https://radarlampung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *