Polinela_Aitech_1
Berita Kegiatan Mahasiswa

Polinela Juara ke III AITeC IV 2022

Polinela, Selasa (05/07/2022). Penyelenggaraan Lomba AITeC IV 2022 dilaksanakan di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Kegiatan di laksanakan pada hari Senin 4 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan gelaran yang keempat ditahun 2022. Kegiatan AITeC IV Tahun 2022 merupakan salah satu agenda rutin dibawah naungan FDPNI (Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia) dan BAKORMA (Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik se Indonesia) yang merupakan wadah implementasi pengembangan hard skills dan soft skills mahasiswa melalui penyelenggaraan kompetisi mahasiswa tingkat nasional pada berbagai bidang. Pada tahun 2022 ini, Politani Negeri Payakumbuh sebagai Tuan Rumah Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian dan Kontes Vokasi Bidang Pertanian. Kegitan AITeC IV 2022 dilaksanakan dalam bentuk daring (online) dan luring (tatap muka) di Kampus Politani Payakumbuh- Tanjung Pati.

Diharapkan kegiatan AITeC dapat mendorong pengembangan inovasi teknologi mutakhir di bidang Pertanian (Agriculture) dan Sistem Pangan yang dapat menghubungkan berbagai sektor dan berbagai disiplin ilmu dalam upaya untuk mengatasi tantangan bidang pertanian dan pangan abad ke-21, antara lain mencakup regenerasi SDM pertanian, masalah iklim, produktivitas, lingkungan, dan sistem sosial. Sehingga dapat menarik kepedulian dan minat civitas akademika berbagai disiplin ilmu untuk ikut serta berkontribusi mencari solusi permasalahan bidang pertanian (Agriculture) dan sistem pangan untuk mendukung kemandirian pertanian yang berkelanjutan.

Dalam penyelenggaran AITec-IV tahun 2022 untuk Kontes Vokasi Bidang Pertanian ada 11 (sebelas) cabang perlombaan yaitu: teknik okulasi tanaman, teknik proses fillet ikan, teknik proses karkas ayam, desain alat dan mesin (Alsin) pertanian dengan Autocad, teknik pembuatan bakso ikan, teknik pengambilan sampel darah ayam, sortasi biji kopi, penyuluhan pertanian, handling ternak, dan survey pemetaan lahan. Dari ke 11 cabang perlombaan tersebut jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 325 orang peserta utusan 20 Politeknik Negeri, 1 Sekolah Vokasi dan 1 Akademi Komunitas Negeri. Sedangkan untuk Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian diikuti oleh 100 mahasiswa yang tergabung dalam 29 kelompok/grup yang berasal dari 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Vokasi.

Diawali dengan sambutan dari drh. Ulva Mukhtar, M.Si. selaku Ketua Penyelenggara, menyampaikan pada AITec IV 2022 terjadi peningkatan jumlah peserta yang mendaftar. “Alhamdulillah, kita bersyukur pada penyelenggaraan gelaran AITeC tahun 2022 ini terjadi peningkatan jumlah peserta. Namun hal ini juga menjadi tantangan bagi Politani Negeri Payakumbuh sebagai penyelanggara sekaligus tuan rumah untuk menyukseskan kegiatan ini”.

Dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi oleh Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT. Wakil Bakorma (Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se-Indonesia) dan juga menjabat sebagai Wakil Direktur III Politeknik Negeri Jember menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan AITeC-IV atau Agricultural Innovation Technology Competition tahun 2022.

Dalam sambutannya Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT., memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap para peserta yang sudah hadir dan berjuang untuk ikut lomba AITeC-IV 2022 ini, serta penghargaan buat Politani Payakumbuh sebagai tuan rumah penyelenggara. “Kita terharu dan bangga dengan semangat peserta untuk ikut kompetisi, yang sudah jauh-jauh hadir dari berbagai daerah di Indonesia” Ini adalah kompetisi sekaligus silaturahmi dengan harapan dapat melahirkan inovasi-inovasi baru khususnya inovasi yang “berbau” agricultura.

Lebih lanjut, Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT. menyampaikan bahwa AITeC adalah kegiatan kompetesi bidang agriculture (pertanian) yang memang diselenggarakan atas inisiatif Bakorma Politeknik se Indonesia, dengan harapan dapat menghasilkan mahasiswa sebagai generasi muda yang unggul, inovasi, serta mampu melahirkan dan menciptakan inovasi baru bidang pertanian. Jadi ke depanya akan banyak lahir petani millenial yang mampu menggabungkan teknologi dan pertanian, sehingga ketahanan pangan nasional dapat diwujudkan.

Ir. Elvin Hasman, M.P. Selaku Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh beliau menyampaikan Puji syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas bimbingan, kekuatan serta karunia yang telah diberikan oleh-Nya sehingga Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian tahun 2022 atau disebut juga dengan Agricultural Innovation Technology Competition (AITeC) IV Tahun 2022 dengan lokasi penyelenggaraan di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dapat diselesaikan dengan baik.

Kegiatan AITeC diselenggarakan bukan hanya sebagai kompetisi semata, namun lebih daripada itu AITeC bertujuan untuk lebih mempererat silaturrahmi antar sesama Politeknik se Indonesia, meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas produk pertanian dengan penerapan teknologi 4.0 yang berwawasan lingkungan serta memperoleh sumber daya manusia muda yang inovatif, kreatif, dan cepat beradaptasi dengan setiap perkembangan teknologi bidang pertanian. Hal tersebut, sesuai dengan tema AITeC IV Tahun 2022 yaitu “Peningkatan Kualitas Sumber Daya manusia Pertanian sebagai modal Memantapkan Kemandirian Pertanian yang Berkelanjutan”.

Kemudian kegiatan di akhiri dengan penutupan oleh Direktur Politani Payakumbuh Ir. Elvin Hasman, M.P. beliau menyampaikan “terima kasih sebesar besarnya karena kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan tanpa ada kendala sama sekali dan mohon maaf jika ada kurang saat penyelenggaran kegiatan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT”. Kemudian para rombongan peserta dan dosen pembimbing kembali ke hotel masing-masing.

Keikutsertaan kontingan Polinela di ajang AITec IV 2022 berhasil menempati urutan ke 3 secara Nasional setelah meraih juara pada kategori beberapa cabang perlombaan, dengan rincian sebagai berikut:

Juara I Teknik Proses Karkas Ayam, oleh Persada Julianto Tarigan
Juara II Survey Pemetaan Lahan, oleh Muhammad Rizky & Fadil Bima Praditya
Juara II Sortasi Biji Kopi, oleh Ari Wibowo
Juara III Handling Ternak, oleh Yusuf Candra laksana & Dwi Putra Setyanto
Juara Harapan I Teknik Proses Karkas Ayam, oleh M.Farly Alip Ansyori
Juara Harapan II Pembuatan Bakso Ikan, oleh M.Zacky Auzan
Juara Harapan II Handling Ternak, oleh Rendi Ramadani & Hendra Aditama

Polinela_Aitech_2
Penyerahan Hadiah Juara 1 Lomba Teknik Proses Karkas Ayam
Polinela_Aitech_3
Penyerahan Hadiah Juara 2 Lomba Sortasi Biji Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.