Polinela_PKKMB Pasca 2021
Berita Kegiatan

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Pascasarjana Magister (S2) Terapan Pertanian Program Studi Ketahanan Pangan Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Senin (06/09/2021). Direktur Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Dr. Ir. Sarono, M.Si. pada hari Sabtu tanggal 4 September 2021 mengukuhkan 9 mahasiswa baru Program Pascasarjana Magister (S2) Terapan Pertanian Program Studi Ketahanan Pangan dalam acara Kuliah Umum Perdana dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan dilaksanakan secara luring di Kampus Polinela dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sekaligus dalam kegiatan ini dilaksanakan juga acara Kuliah Umum Perdana dan Elaborasi hasil hasil penelitian Doktor di Polinela dan mahasiswa program studi S2 angkatan 1 yang saat ini berada pada Semester 3.

Polinela_PKKMB Pasca 2021
PKKMB Program Pascasarjana Magister (S2) Terapan Pertanian Program Studi Ketahanan Pangan Politeknik Negeri Lampung

Kuliah umum perdana ini menghadirkan narasumber Dr. Idha Widi Arsanti, S.P., M.P. (Kepala Pusat Pendidikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian RI) dan Assoc. Prof. Ts. Dr. Nurul Huda (associate Profesor Departeman of Food Science and Nutrition University Malaysia Sabah). Sembilan pembicara dalam kegiatan Elaborasi hasil penelitian yaitu:

1. Dr. Ir. Sarono, M.Si.
2. Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si.
3. Dr. Ir. Ni Siluh Putu Nuryanti, M.P.
4. Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., Ph.D.
5. Dr. Ir. Jaenudin Kartahadimadja, M.P.
6. Dr. Ninik Purbosari, S.Pi., M.Si.
7. Dr. Dulbari, S.P., M.Si.
8. Dr. Fitriani, S.P., M.E.P.
9. Subandi, S.Pd (Mahasiswa)

Direktur dalam sambutannya mengatakan bahwa Magister terapan pertanian Program Studi Ketahanan Pangan diperuntukkan bagi lulusan S1 dan D4 yang memiliki kecakapan, wawasan, dan motivasi kuat untuk berkontribusi dalam pengembangan ketahanan pangan. Hal ini penting dilakukan karena kebijakan dan arah pengembangan pendidikan tinggi saat ini diklasterisasi menjadi pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan Program Studi S2 terapan yang mampu mengakomodir kebijakan ini. Acara berlangsung cukup hidmat dan meriah, dimulai dengan pengukuhan mahasiswa baru dengan penyematan jaket almamater oleh Direktur, penyampaian selayang pandang Program Studi oleh Ketua Pengelola dan penjelasan kebijakan akademik oleh Pembantu Direktur 1.

Penyampaian Selayang Pandang Oleh Ketua Program Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan
Penyampaian Selayang Pandang Oleh Ketua Program Pascasarjana Magister (S2) Terapan Pertanian Program Studi Ketahanan Pangan

Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. Selaku Pudir 1 mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang kebijakan sistem pembelajaran di Polinela selama masa pandemi. Pembelajaran teori dilaksanakan secara full daring baik secara sinkronus dengan fasilitas zoom meeting dan secara asinkronus menggunakan Learning Managemen System (LMS). Pembelajaran praktik dilakukan secara luring baik di kelas, laboratorium maupun kebun praktik di kampus Polinela. Sementara itu Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si. selaku Ketua Pengelola MTKP menyatakan bahwa PKKMB dan kuliah umum perdana diadakan dengan tujuan untuk membuka wawasan mahasiswa baru tentang aspek-aspek ketahanan pangan yang akan tercermin dalam kurikulum Program Studi serta konsolidasi sumberdaya pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan. Fokus riset bagi mahasiswa adalah kebijakan ketahanan pangan dari sisi produksi, stok dan distribusi, serta diversifikasi dan keamanan pangan. Oleh karena itu selain kuliah umum perdana oleh narasumber yang berkompeten dalam kegiatan ini sekaligus juga diselenggarakan kegiatan elaborasi hasil-hasil penelitian doktor di Polinela. “Elaborasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa pada Program Studi Ketahanan Pangan ini dimaksudkan untuk membangun semangat dan motivasi bagi mahasiswa dalam menyusun rencana penelitian tesisnya juga untuk memetakan hasil-hasil penelitian doktor di Polinela” demikian yang disampaikan oleh Dr. drh. Dwi Desmiyeni Putri selaku ketua pelaksana kegiatan elaborasi.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan kunjungan ke laboratorium, Teaching Farming, dan kebun praktik di Polinela yang dipandu oleh Dr. Henry Kurniawan, S.Si., M.Stat. selaku Sekretaris Program MTKP. Kegiatan praktikum pada Program Studi Ketahanan Pangan selain dilaksanakan di kampus juga dilaksanakan dengan praktik lapang ke industri dan kelompok masyarakat yang terkait erat dengan ketahanan pangan. Kegiatan ini sangat dimungkinkan karena Polinela telah merancang dan menerapkan kurikulum kampus merdeka, melalui partnership dengan mitra pemerintah, masyarakat dan industri untuk meningkatkan mutu dan relevansi lulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *