Kegiatan Mahasiswa

Pembentukan Karakter Resilient Mahasiswa Teknologi Pangan Melalui Mata Kuliah PUM (Proyek Usaha Mandiri)

POLINELA, Rabu (4/1/2023). Program Studi Teknologi Pangan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melangsungkan “seminar Hasil Proyek Usaha Mandiri (PUM)”. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 27 s.d 29 Desember 2022 bertempat di gedung H Polinela, diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa program studi Teknologi Pangan.

PUM merupakan salah satu mata kuliah Prodi Teknologi Pangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Mata kuliah ini merupakan penerapan dari seluruh mata kuliah inti Prodi Teknologi Pangan berupa project mahasiswa di bidang: desain produk pangan yang meliputi konsep dasar tentang produk akhir yang akan dibuat, rekayasa proses pengolahan, analisa produk akhir (fisik, kimia, mikrobiologi, dan sensoris), perhitungan-perhitungan biaya produksi dan penetapan harga, serta rencana pemasarannya. Selain itu, Problem Solving Project bermula dari masalah yang ada di industri pangan/UMKM/lingkungan di bidang pangan yang membutuhkan solusi.

PUM merupakan salah satu mata kuliah Prodi Teknologi Pangan yang wajib ditempuh mahasiswa.

Ruang lingkup yang ditawarkan pada PUM tahun ini ada 4, diantaranya Kewirausahaan, Problem based project, Penelitian Dosen dan Pengembangan produk baru atau yang sudah ada. Adapun tujuan mata kuliah PUM adalah untuk Mengoptimalkan kemampuan serta melaksanakan suatu proyek secara individu maupun kelompok dari salah satu ruang lingkup yang dipilih.

Ruang lingkup yang ditawarkan pada PUM tahun ini ada 4, diantaranya Kewirausahaan, Problem based project, Penelitian Dosen dan Pengembangan produk baru

Ira Novita Sari, S.Pd., M.Sc. dan Dr. Chandra Utami Wirawati, S.TP., M.Si selaku penanggung jawab mata kuliah berharap setelah menempuh mata kuliah PUM ini dapat menumbuhkan serta membentuk mental mahasiswa serta daya juang yang tinggi agar lebih siap menghadapi dunia kerja nanti.

Ira Novita Sari, S.Pd., M.Sc. dan Dr. Chandra Utami Wirawati, S.TP., M.Si selaku penanggung jawab mata kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *