Berita Kegiatan

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Pengelolaan Agribisnis

POLINELA, Jum’at (30/09/2022). Program Studi (Prodi) D4 Pengelolaan Agribisnis Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung (Polinela), menggelar Workshop Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan dilaksanakan Kamis, 29 September 2022 di Ruang Sidang Utama Polinela dengan peserta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Prodi D4 Pengelolaan Agribisnis.

Workshop Implementasi MBKM Program Studi Pengelolaan Agribisnis merupakan rangkaian kegiatan dari Program Competitive Fund 2022 Skema C. Acara dibuka Pembantu Direktur III Polinela, Agung Adi Candra, S.KH., M.Si. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat tercapai kesepahaman antara mitra industri dengan program studi dalam melaksanakan MBKM.

Pemateri pertama, Dr. Ir. Dwi Rachmina, M.Si., dosen Institut Pertanian Bogor. Materi yang disampaikan tentang Implementasi MBKM di IPB University, bagaimana peran Instansi, Program Studi, Mahasiswa, dan Dosen Penggerak dalam mengimplementasikan MBKM. Secara singkat juga dijelaskan bagaimana struktur kurikulum Program Studi Agribisnis di IPB University untuk dijadikan sebagai salah satu referensi dalam penerapan MBKM pada Program Studi Pengelolaan Agribisnis Polinela.

Dr. Ir. Dwi Rachmina, M.Si., dosen Institut Pertanian Bogor

Pemateri kedua, General Manager di PT Juang Jaya Abdi Alam (PT JJAA), William Efrayim Lata Bulo, S.E., M.Ec.Dev., Akt,. Materi yang disampaikan terkait dengan kegiatan MBKM, khususnya magang industri. Sebaiknya Polinela melakukan penyelarasan terlebih dahulu dengan perusahaan mitra, agar dapat mewujudkan capaian pembelajaran dari Program Studi. Selain itu juga disampaikan bagaimana prosedurnya jika ingin melakukan magang di PT. Juang Jaya Abdi Alam sebagai perusahaan yang bergerak dibidang peternakan sapi untuk implementasi MBKM.

Pemateri Kedua oleh William Efrayim Lata Bulo, S.E., M.Ec.Dev., Akt

Pemateri ketiga, Owner PT Suhita Lebah Indonesia, Isnina, S. Farm. Adapun materi yang disampaikan, tentang bekal-bekal apa yang harus dimiliki mahasiswa dalam pelaksanaan MBKM, khususnya pilihan kewirausahaan.
Setelah pemaparan oleh Pemateri, acara dilanjutkan diskusi yang dipandu oleh Ketua Program Studi D4 Pengelolaan Agribisnis, Nuni Anggraini, S.P., M.Si,. Diskusi meliputi struktur kurikulum, penyelarasan kurikulum dengan dunia industri, dan menentukan pilihan kewirausahaan.

Kegiatan ditutup dengan MoU dan PKS antara Polinela dengan PT Suhita Lebah Indonesia. Penandatanganan dilaksanakan oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung, Dr. Ir, Sarono, M.Si., dan Isnina, S. Farm., owner PT Suhita Lebah Indonesia. Penandatanganan MoU dan PKS ini diharapkan dapat membantu Prodi untuk memaksimalkan kegiatan MBKM Program Studi Pengelolaan Agribisnis.(***)

MoU dan PKS antara Polinela dengan PT Suhita Lebah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *