Kuliah Perdana Program Studi D3 Teknologi Pangan bersama Dosen Industri
Kegiatan Mahasiswa

Kuliah Perdana Program Studi D3 Teknologi Pangan bersama Dosen Industri

Polinela, Senin (01/03/2021). Prodi D3 Teknologi Pangan mengadakan Kuliah Perdana bersama Dosen Industri untuk mengawali kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester Genap Tahun Akademik 2020-2021. Kuliah perdana dihadiri oleh 51 mahasiswa semester 2, 33 mahasiswa semester 4, 12 orang Dosen, dan 6 orang Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Sebelum Kuliah Perdana diberikan maka terlebih dahulu dilakukan pengarahan oleh ketua Program Studi D3 Teknologi Pangan, Dwi Eva Nirmagustina, Ph.D. terkait PBM yang akan dilakukan oleh Prodi D3 Teknologi Pangan.

Kegiatan kuliah akan dilakukan secara hybrid dengan 2 metode, yaitu Ansinkronus (Learning Management System/LMS) dan Sinkronus (Zoom Meeting). Begitu juga kegiatan praktik akan dilakukan secara hybrid, yaitu offline dan online. Praktik offline akan dilakukan secara terbatas, yaitu dilakukan pergiliran praktik sesuai semester. Hal ini dilakukan untuk tetap menerapkan Prokes, 3M. Praktik online dilakukan dengan cara merekam praktik offline dan dimasukkan ke dalam LMS, sehingga mahasiswa yang tidak bisa hadir praktik offline dapat melihat kegiatan praktik melalui hasil rekaman.

Pengarahan selanjutnya dilakukan oleh Tim Kedisiplinan (Tim Dis), yaitu Zukryandy, ST. M.Si. Tim Dis menyampaikan bahwa Prodi D3 Teknologi Pangan akan melaksanakan apel rutin yang direncanakan setiap Senin Pagi setiap minggunya. Pada apel rutin akan diagendakan pemberian materi oleh para pejabat di lingkungan Polinela dan dosen Prodi D3 Teknologi Pangan. Apel rutin ini ditujukan untuk membina kedisiplinan mahasiswa, menyampaikan aturan-aturan yang berlaku di Polinela, menyampaikan motivasi untuk mahasiswa. Selain itu sebagai tempat bagi mahasiswa untuk menyampaikan hal-hal terkait pelaksanaan kuliah dan praktik.

Prodi D3 Teknologi Pangan sejak semester ganjil TA 2020-2021 telah memiliki 3 orang Dosen Industri. Mereka telah memberikan perkuliahan pada semester tersebut. Untuk semester Genap TA 2020-2021 ini Dosen Industri juga tetap akan memberikan perkuliahan. Tujuan Kuliah Perdana oleh Dosen Industri adalah untuk membuka wawasan mahasiswa tentang dunia industri lebih awal sebelum mereka memulai perkuliahan secara reguler. Materi pertama disampaiakn oleh Agus Eka Priyanto, A.Md (PT. Great Giant Pineapple). Beliau memaparkan topik tentang “Tantangan Industri Pangan di Era 4.0″. Pemateri ke-2 adalah Herlina Wahyuni, S.Tp. M.Si. (PT. Indokom Samudra Persada). Beliau menyampaikan materi tentang “Tantangan Industri Pangan di Masa Pandemi Covid-19. Dan pemateri ke-3 adalah Relita Agustina, A.Md. (PT. Keong Nusantara Abadi). Beliau menyajikan materi tentang “Quality Control pada Industri Pangan.”

Dengan adanya Kuliah Perdana oleh Dosen Industri diharapkan mahasiswa memperoleh ilmu pengetahuan tentang kegiatan industri secara lebih rinci dari orang yang bekecimpung secara langsung dengan industri. Harapannya kompetensi mahasiswa akan semakin meningkat sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *