Polinela - Sidang Promosi Doktor Beni Hidayat-01
Berita Kegiatan

Ir. Beni Hidayat, M.Si. Raih Gelar Doktor

Polinela, Rabu (17/11/2021). Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggelar Sidang Promosi Doktor Ilmu Pertanian pada tanggal 17 November 2021 atas nama Beni Hidayat, dengan Disertasi “Pengembangan Produk Tepung Onggok Fungsional Dalam Rangka Peningkatan Nilai Tambah Industri Tapioka” bertempat di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung dilaksanakan secara luring dan daring dengan platfrom Zoom.

Sidang Promosi Doktor Ilmu Pertanian diketuai oleh Rektor Universitas Lampung yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S.

Ketua Penguji, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. (Dekan FP)
Sekretaris Penguji, Dr. Ir. Slamet Budi Yuwono, M.S.
Promotor, Prof. Dr. Eng. Udin Hasanudin, MT.
Co-Promotor I, Ir. Siti Nurdjanah, M.Sc., Ph.D.
Co-Promotor II, Prof. Ir. Neti Yuliana, M.Si., Ph.D.
Penguji Internal, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
Penguji Eksternal, Dr. Aton Yulianto, M. Eng.

Sidang Promosi Doktor Beni Hidayat dihadiri oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si beserta jajaran Direksi dan sejumlah Dosen Polinela.

“Pengembangan Produk Tepung Onggok Fungsional Dalam Rangka Peningkatan Nilai Tambah Industri Tapioka” judul tersebut dipilih karena onggok selain menjadi pakan ternak bisa dimanfaatkan sebagai produk yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh, dikarenakan dalam onggok tersebut potensial dimanfaatkan sebagai pangan fungsional yang mengandung komponen serat pangan dengan kandungan mencapai 35,2 %. Pangan fungsional adalah pangan digunakan sebagai bahan pangan yang juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, serat pangan sendiri adalah komponen yang tidak dapat diserap dan dicerna oleh pencernaan tapi dapat difermentasi oleh usus besar sehingga menjadi senyawa probiotik. Manfaat serat pangan adalah mengurai resiko penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, gangguan penceranaan dan dapat meningkatkan fungsi kekebelanan tubuh. Dengan demikian, pengembangan produk tepung onggok fungsional mampu meningkatan nilai tambah industri tapioka.

Polinela - Sidang Promosi Doktor Beni Hidayat-01
Foto Bersama Sidang Promosi Doktor Ir. Beni Hidayat, M.Si.

Seusai acara Sidang Promosi Doktor, Ir. Beni Hidayat, M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Pembantu Direktur III bidang Kemahasiswaan Polinela penyampaikan, “saya sangat bangga, pada posisi saya diberikan amanat menjabat sebagai Pembantu Direktur III dapat melanjutkan pendidikan S3, dan mendapat dukungan dari bapak Direktur dan para di Polinela. Bapak Direktur juga saya memberikai kepercayaan untuk bisa segera menyelesaikan sekolah saya, harapan kedepannya teknologi yang dikembangkan ini bisa dimanfaatkan oleh industri dan bisa melibatkan institusi khususnya Polinela”. Kemudian, Ir. Beni Hidayat, M.Si. juga memberikan motivasi dan semangat untuk Dosen muda Polinela untuk segera melanjutkan pendidikan S3, “dosen sekarang harus bisa lebih melangkah lebih cepat lagi karena dosen sekarang sudah berpendidikan S2 tinggal melanjutkan saja ke S3 jadi jangan mau kalah dengan yang sudah berumur” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *