Berita Kegiatan

Dukung Program Bank Indonesia, Politeknik Negeri Lampung Melaksanakan Onboarding UMKM Lampung 2022

Polinela, Senin (13/06/2022). Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung menjadi Supporting System untuk pelaksanaan kegiatan Program ‘Onboarding UMKM Lampung 2022’ yang di adakan oleh Bank Indonesia Provinsi Lampung, Program Onboarding UMKM Lampung 2022 bertujuan untuk mendorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) 2022 dan merupakan satu rangkaian kegiatan edukasi, pendampingan dan monitoring dalam rangka mendorong UMKM di Provinsi Lampung untuk dapat saling terhubung, memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi digital marketing. Kegiatan Edukasi Digital Marketing merupakan kegiatan tahap pertama yang diikuti oleh 50 UMKM terpilih dari proses seleksi dan kurasi, dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Mei s.d. 10 Juni 2022.

Rangkaian Kegiatan Onboarding UMKM

Eko Win Kenali, S. Kom., M.Cs. selaku Ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa terdapat beberapa tahap dalam kegiatan ini antara lain tahap edukasi yang telah selesai, dilanjutkan dengan tahapan berikutnya yang akan dilaksanakan adalah tahap Pendampingan dan Monitoring terhadap 50 UMKM yang menjadi peserta dalam kegiatan ini. Tahap Pendampingan dan Monitoring dijadwalkan dimulai pada pertengahan bulan Juni dan akan berakhir pada bulan Desember tahun 2022.

Politeknik Negeri Lampung melalui Program Studi Manajemen Informatika akan melaksanakan tahap pendampingan dan monitoring kepada UMKM peserta kegiatan Onboarding UMKM Lampung 2022 untuk menjamin dan memastikan 50 UMKM dapat terhubung, memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi digital marketing untuk menunjang kinerja usaha yang dijalankan. Selain penugasan dari Bank Indonesia, kegiatan pendampingan dan monitoring bagi UMKM ini, akan dijadikan sarana pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa. Politeknik Negeri Lampung pada akhirnya berperan mensukseskan program kerja Onboarding UMKM inisiasi Bank Indonesia Provinsi Lampung dapat tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi tumbuh kembang pemasaran digital UMKM di Provinsi Lampung.

Kegiatan Edukasi Digital Marketing terdiri dari 21 sesi kegiatan pelatihan Digital Marketing yang dilaksanakan secara hybrid learning, 15 sesi kegiatan diselenggarakan secara daring dalam format webinar dan 6 sesi kegiatan diselenggarakan secara luring dalam format workshop. Pada kegiatan Edukasi tersebut, Politeknik Negeri Lampung sebagai pelaksana kegiatan menghadirkan narasumber-narasumber nasional yang terlibat sebagai expert ataupun startup dibidang digital marketing, diantaranya adalah Staf ahli dan instruktur Digital Entrepreneur Academy (DEA) Kementerian Kominfo, Google Gapura Digital, Master Trainer Sekolah Pengusaha Online (SPO), Shopee, Grab, Gojek, PAXEL, dan para Pengusaha. Ditambah pula dalam rangkaian kegiatan Onboarding UMKM Lampung 2022 Bank Indonesia, tim utama pelaksana juga melibatkan personel sebagai pelaksana dan penunjang kegiatan yang terdiri dari unsur dosen serta mahasiswa program studi D3 Manajemen Informatika dan unit Humas Politeknik Negeri Lampung yang juga terlibat dalam kegiatan Onboarding UMKM Lampung 2022.

Dalam 2 sesi webinar terakhir pada rangkaian kegiatan edukasi digital marketing yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 10 Juni 2022 telah dilaksanakan sebagai penutup bagi pelaksanaan kegiatan tahap edukasi program Onboarding UMKM Lampung 2022. Diakhir sesi kegiatan edukasi, Eko Win Kenali, S. Kom., M.Cs. menyampaikan “kegiatan selanjutnya adalah pendampingan dan monitoring terhadap UMKM terpilih hasil evaluasi dan kurasi yang dilakukan oleh Tim dari Bank Indonesia pada tahapan kegiatan edukasi”. Pendampingan dan monitoring ini sebagai sarana pengetahuan dan keahlian yang didapat oleh UMKM dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.