Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian mengadakan Benchmarking pada Polinela
Berita Kegiatan

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian mengadakan Benchmarking pada Polinela

Polinela, Jum’at (23/10/2020). Tim Bidang Program dan Kerjasama Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian melakukan Benchmarking pada Politeknik Negeri Lampung (Polinela).

Kunjungan Tim Bidang Program dan Kerjasama Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, disambut oleh Pembantu Direktur III Polinela, Ir. Beni Hidayat, M.Si. didampingi Kepala UPT Pengembangan Produk dan Pusat Unggulan teknologi (P3UT) Ir. Bambang Utoyo, M.P. dan Kepala Unit Kerjasama Ir. Zainal Mutaqin, M.Si.. Dalam sambutannya Pembantu Direktur III Polinela meyampaikan bahwa Polinela mempunyai 14 Teaching Factory yang dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran, penelitian atau kegiatan kunjungan-kunjungan untuk masyarakat. Diharapkan juga Teaching Factory ini dapat menjadi konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industri saat ini dan nanti.

Teaching Factory (TeFa) adalah suatu konsep pembelajaran di Vokasi berbasis produksi atau jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri. Program ini dilaksanakan dalam suasana seperti layaknya industri. Implementasi TeFa di Polinela dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan kompetensi yang dihasilkan oleh kampus.

Dr. Setyabudi Udayana, SPT., M.Si. selaku perwakilan Tim Bidang Program dan Kerjasama Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian sebagai pengemban amanah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi pertanian memerlukan kesamaan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai output lulusan sesuai kebutuhan, khususnya pada konsep dan implementasi pembelajaran berbasis Teaching Factory yang melibatkan dunia industri.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa Teaching Factory yang ada di Polinela, diantaranya adalah: Polihidrofarm dengan produksi unggulan sayuran dan buah hidroponik. Polinela Organic Farm dengan produksi unggulan Beras, Sayur, dan Edamame Organik. Polibronik dengan produksi unggulan Ayam organic. Kunjungan diakhiri dengan mengunjungi Pembibitan Kelapa Sawit yang memproduksi Bibit Kelapa Sawit Bersertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *