Berita Kegiatan

Upacara Pembukaan PKKMB Tahun 2022 Politeknik Negeri Lampung

Polinela, Rabu (24/08/2022).  (PKKMB) Polinela merupakan rangkaian aktivitas penyambutan dan pembekalan mahasiswa baru Polinela guna memperkenalkan sistem pendidikan tinggi vokasi dan ekstrakurikuler yang ada di kampus beserta sistem, metode, dan pendekatan yang digunakan. Upacara pembukaan Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Lampung Tahun Akademik 2022/2023, diikuti oleh 1.422 mahasiswa dan akan berlangsung dari tanggal 24 s.d. 27 Agustus 2022.

Foto Bersama Dengan Para personil TNI AD Komando Resor Militer 043/Garuda Hitam

Upacara pembukaan PKKMB Polinela secara resmi dibuka oleh Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Candra, S.K.H, M.Si., dalam sambutannya beliau menyampaikan “Selamat datang kepada 1.422 mahasiswa baru di Politeknik Negeri Lampung. Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah untuk memfasilitasi anda beradaptasi, karena anda baru saja melalui kehidupan di sekolah menengah atas dan saat ini anda sudah diterima dan akan belajar di pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi adalah pendidikan orang dewasa, pendidikan tinggi adalah pendidikan yang di bentuk untuk orang dewasa, ini adalah tolak ukur anda untuk melangkah kedepan, anda harus beradaptasi cepat dan segera merubah paradigma dari sekolah menengah menuju pendidikan orang dewasa. Ini adalah sekolah terakhir anda, orientasi anda bukan lagi untuk mendapatkan nilai seperti sekolah menengah tetapi orientasinya adalah cita-cita anda. Maka dalam rangka memulai beradaptasi dipendidikan tinggi sudah selayaknya dan seharusnya kami membentuknya, tahap pertama yang dibentuk di Politeknik Negeri Lampung adalah karakter, kemampuan, dan disiplin. Politeknik Negeri Lampung mengedepankan disiplin sebagai karakter utamanya. Kenapa harus ada kedisiplinan? Karena semua jenjang, semua jenis pekerjaan, semua jenis masa depan anda itu dibentuk dari disiplin. Mulai dari disiplin waktu, disiplin mengerjakan sesuatu hingga bertanggung jawab dalam mempertanggungkan sesuatu, yang kedua rangkaian dari PKKMB ini adalah menjadi media pengenal khususnya di Politeknik Negeri Lampung. Pendidikan vokasi berbeda dengan pendidikan akademik. Pendidikan di Polinela adalah 70% praktik  dilahan, di bengkel, ada di lapang, dan  di laboratorium, sedang 30% adalah diteori/perkuliahan. Berbeda dengan Universitas yang menerapkan 70% teori dan 30 % praktik”.

Kegiatan Dibuka Oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Candra, S.K.H, M.Si.

Secara resmi kegiatan PKKMB Polinela TA 2022  ditandai  dengan penyematan tanda peserta oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Candra, S.K.H, M.Si. kepada perwakilan calon mahasiswa baru dan diikuti oleh seluruh peserta, dilanjutkan dengan Penyerahan Pataka oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, kepada Lettu Chk (K). Olivia Febrojaya, S.H. selaku Koordinator Pelatihan Kedisiplinan  bagi mahasiswa baru peserta PKKMB.

Penyematan Tanda Peserta oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Candra, S.K.H, M.Si.

Hari pertama pelaksanaan PKKMB Polinela TA 2022 dilaksanakan kegiatan pelatihan kedisiplinan selama 1 hari yang dipandu langsung oleh personil TNI AD Komando Resor Militer 043/Garuda Hitam dibantu oleh UKM GARDA Polinela. Untuk hari kedua pelaksanaan PKKMB Polinela 2022 akan dilaksanakan Pengukuhan Mahasiswa oleh SENAT Polinela pada hari Kamis 25 Agustus 2022 dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi diantaranya:

  1. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia oleh Direktur Polinela;
  2. Pengenalan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh TIM Kejati Lampung;
  3. Sistem Pendidikan di polinela dan perguruan tinggi di era 4.0 oleh Pembantu Direktur I;
  4. Kesadaran lingkungan hidup, manajemen resiko dan Kampus sehat oleh Pembantu Direktur III;
  5. Pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual dan anti kekerasan (Anti perundungan) oleh Pembantu Direktur III.